Pengembangan modul pembelajaran simulasi digital berbasis web dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas X SMKN 8 Malang / Rahmat Irsyada - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran simulasi digital berbasis web dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas X SMKN 8 Malang / Rahmat Irsyada

Irsyada, Rahmat (2016) Pengembangan modul pembelajaran simulasi digital berbasis web dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas X SMKN 8 Malang / Rahmat Irsyada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irsyada Rahmat.2016.PengembanganModulPembelajaranSimulasi DigitalBerbasisWebdengan Model Problem Based Learning(PBL)untukSiswaKelasX SMKN 8 Malang. Skripsi Prodi S1 PendidikanTeknikInformatika JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang pembimbing (1) Drs. DwiPrihanto S.S.T. M.Pd (2) M.Zainal S.Si. M.Kom. Kata Kunci Modul Web Simulasi Digital. Pembelajaranmenggunakanmodulberbasiswebpadamaterisimulasi digital yang diterapkan di SMK bertujuanuntukmencarisolusidaripermasalahanpembelajaranyangdigunakanuntukmengulangmateri yang diajarkan guru sekaligusdapatmerekagunakansebagaibahanlatihansoalsecaramandiridandapatdigunakan di tempatbelajar sekolah rumah ataudimanasaja. Berdasarkanobservasi di SMKN 8 Malang adapermasalahanyaitumasihbelumcukupnyabahan ajar yang menunjangpembelajaransimulasi digital di sekolahini nilaimaterisimulasi digital masihdibawahnilai yang diharapkandantingkatkepemilikan laptop maupun tablet cukuptinggisertadiperlukanadanyainovasipembelajaranpadamaterisimulasi digital di dalamkelasberupamodulpembelajaranberbasisweb. Pengembangan yang diterapkandalampenelitianinimenggunakan model 4D yang terdiridari 4 tahappengembanganyaituDefine Design Develop danDisseminateataudiadaptasikanmenjadi model 4D yaitupendefinisian perancangan pengembangan danpenyebaran. Selanjutnyadilakukanujicobaprodukdanpengumpulan data menggunakan instrument angket.Modulsimulasi digital berbasiswebiniakandiujicobakepadaahlimateri ahlimedia dan 30 siswa SMK. Produk yang dihasilkanpadapengembanganiniberupamodulberbasisweb.Setelahdilakukananalisis data diperolehhasilpersentasekelayakanmoduldariahli media sebesar 95% ahlimaterisebesar 92 6% ujicobakelompokkecilsebesar 87 1% danujicobakelompokbesarsebesar 89 1%. Rata keseluruhanpersentaseahli media ahlimateri ujicobakelompokkecil danujicobakelompokbesaradalah 91 7%. BerdasarkankriteriakelayakanmenurutArikunto modulinidinyatakansangat valid (dapatdigunakantanparevisi) karenatelahmencapaikriteriakelayakanlebihdari 85%. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46155

Actions (login required)

View Item View Item