Penerapan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran jaringan dasar kelas XI untuk meningkatkan hasil belajar di SMK Negeri 1 Rejotangan Tulungagung / Rosita Ayu Sariningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran jaringan dasar kelas XI untuk meningkatkan hasil belajar di SMK Negeri 1 Rejotangan Tulungagung / Rosita Ayu Sariningsih

Sariningsih, Rosita Ayu (2016) Penerapan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran jaringan dasar kelas XI untuk meningkatkan hasil belajar di SMK Negeri 1 Rejotangan Tulungagung / Rosita Ayu Sariningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sariningsih Rosita Ayu. 2016. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas XI untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMK Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Skripsi JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom. (2) Drs. Suwasono M.T. Kata Kunci JaringanDasar model Cooperative Learning tipe STAD hasilbelajar Berdasarkan dokumentasi fakta yang ada sekitar 58 33% dari 36 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa masalah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XI TKJ-3 masalah yang muncul dari siswa yaitu siswa sering tidak memperhatikan penjelasan dari guru dan siswa melakukan hal lain. Selain itu masalah yang muncul ditinjau dari fasilitas yaitu minimnya sarana dan prasarana. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran Jaringan Dasar guru tidak membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Guru hanya menerapkan metode ceramah dan diskusi. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memilih model Cooperative Learning Tipe STAD dalam penelitian ini. Karena dalam tahap-tahap model Cooperative Learning Tipe STAD bisa mengatasi sebagian permasalahan pembelajaran yang ada. Dalam penelitian ini adapun tujuan yaitu (1) mendeskripsikan model Cooperative Learning Tipe STAD pada mata pelajaran Jaringan Dasar dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas XI TKJ-3 di SMK Negeri 1 Rejotangan Tulungagung dan (2) mendeskripsikan model Cooperative Learning Tipe STAD pada mata pelajaran Jaringan Dasar dapat meningkatkan hasil belajar ranah afektif siswa kelas XI TKJ-3 di SMK Negeri 1 Rejotangan Tulungagung Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus yang dirancang adalah 2 siklus dengan menggunakan model Kemmis Mc. Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (plan) (2) pelaksanaan (act) (3) pengamatan (observe) dan (4) refleksi (reflect). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ-3 SMK Negeri 1 Rejotangan Tulungagung yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) hasil belajar ranah kognitif dari siklus I 68 57% menjadi 91 43% pada siklus II dan (2) hasil belajar ranah afektif dari siklus I 86 29% menjadi 92 57% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa dan (2) penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar ranah afektif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46153

Actions (login required)

View Item View Item