Pengembangan bahan ajar berupa modul praktikum mata kuliah Komunikasi Data dan Jaring dan Komputer bagi Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Johan Iriawan Akbar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berupa modul praktikum mata kuliah Komunikasi Data dan Jaring dan Komputer bagi Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Johan Iriawan Akbar

Akbar, Johan Iriawan (2016) Pengembangan bahan ajar berupa modul praktikum mata kuliah Komunikasi Data dan Jaring dan Komputer bagi Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Johan Iriawan Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iriawan Akbar Johan. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul Praktikum Mata Kuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer bagi Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muladi S.T. M.T. (II) Utomo Pujianto S.Kom. M.Kom. Kata Kunci Pengembangan Modul Ajar Komunikasi Data Jaringan Komputer. Komunikasi Data dan Jaringan Komputer merupakan salah satu mata kuliah yang disajikan oleh Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Dalamsetiap matakuliah praktikum disertakan bahan ajar berupa modul sebagai penunjang kegiatan praktikum. Komunikasi Data dan Jaringan Komputer telah menerapkan konsep modul ajar yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran dan perkembangan teknologi yang ada. Sampai saat ini sudah memiliki tujuh modul yang telah digunakan selama dua tahun dalam proses belajar mengajar.Dalam pelaksanaan praktik di laboratorium penggunaan modul ajar yang relevan dan baku masih belum terealisasikan dengan baik sehingga menyulitkan peserta didik dalam memahami prosedur dan materi praktikum. Berdasarkan masalah tersebut maka kegiatan praktikum mata kuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer perlu memiliki bahan ajar berupa modul yang relevan dan baku serta sesuai dengan tujuannya sebagai sumber belajar yang efektif. Oleh karena itu perlu adanya penyeimbangan antara konsep materi dan kesesuaian perkembangan teknologi yang ada. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengembangan ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan 4D menurut Thiagarajan. Model 4D memuat tahapan yang harus dilaksanakan untuk menghasilkan suatu produk meliputi Define Design DevelopmentandDissemination. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan proses pengembangan kualitas modul ajar dan implementasi modul ajar berupa uji coba yang dapat ditinjau dari keterlaksanaan yang sesuai dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapat persentase hasil akhir validasi oleh ahli media sebesar 83.33% hasil validasi oleh ahli materi sebesar 85 00% hasil uji coba kelompok kecil offering A sebesar 79.44% dan hasil uji coba kelompok kecil offering B sebesar 85.28% sedangkan hasil uji coba kelompok besar offering A sebesar 79 57% dan hasil uji coba kelompok besar offering B sebesar 82 78%. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa modul Komunikasi Data dan Jaringan Komputer secara keseluruhan dinyatakan layak dan bisa digunakan. Bahan ajar dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran dan media belajar mandiri bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46151

Actions (login required)

View Item View Item