Perbandingan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X SMKN 12 Malang / Ikhwan Arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X SMKN 12 Malang / Ikhwan Arif

Arif, Ikhwan (2016) Perbandingan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X SMKN 12 Malang / Ikhwan Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arif Ikhwan. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) danInkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa pada MataPelajaran Pemrograman Dasar Kelas X SMKN 12 Malang. Skripsi Jurusan TeknikElektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu SaktiG.I. M.Kom. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata kunci Problem Base Learning Inkuiri Terbimbing hasil belajar motivasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dan motivasi belajar antara penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran Pemorgraman Dasar di kelas X SMK Negeri 12 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu dengan pretest dan postest.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas X SMKN 12 Malang semester 1 tahun ajaran 2015/2016 yang mendapat mata pelajaran Pemrograman Dasar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Kelas X MM 1 (eksperimen 1) diajar menggunakan model pembelajaran PBL dan Kelas X MM 3 (eksperimen 2) diajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing.Instrumen yang digunakan berupa instrumenperlakuan dan instrumen pengukuran.Teknik analisis data statistik bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing. Teknik analisis uji hipotesis yang digunakan adalah uji MANOVAdengan bantuan aplikasi SPSS. Perolehan data hasil belajar siswa kelas PBL mempunyai nilai rata-rata 71 sedangkan pada kelas Inkuiri Terbimbing mempunyai nilai rata-rata 79. Perolehan data motivasi belajar siswa kelas PBL mempunyai nilai rata-rata 66 sedangkan pada kelas Inkuiri Terbimbing mempunyai nilai rata-rata 66.Uji hipotesis yang dilakukan pada hasil belajar diperoleh nilai signifkansi dengan nilai 0 000 dan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas PBL dan Inkuiri Terbimbing.Hasil uji hipotesis yang dilakukan pada motivasi belajar diperoleh nilai signifkansi dengan nilai 0 798 atau lebih besar dari pada 0 05. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelas PBL dan Inkuiri Terbimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46148

Actions (login required)

View Item View Item