Perbandingan pengaruh model pembelajaran TGT dan STAD terhadap hasil belajar mata pelajaran pemrograman WEB siswa kelas X SMK Negeri 12 Malang / Khairur Rosyidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan pengaruh model pembelajaran TGT dan STAD terhadap hasil belajar mata pelajaran pemrograman WEB siswa kelas X SMK Negeri 12 Malang / Khairur Rosyidi

Rosyidi, Khairur (2016) Perbandingan pengaruh model pembelajaran TGT dan STAD terhadap hasil belajar mata pelajaran pemrograman WEB siswa kelas X SMK Negeri 12 Malang / Khairur Rosyidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidi Khairur. 2016. Perbandingan Pengaruh Model PembelajaranTGT Dan STADTerhadap Hasil BelajarMata Pelajaran Pemrograman WebSiswa Kelas X SMK Negeri 12 Malang. Skripsi Jurusan TeknikElektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Hary Suswanto S.T. M.T. (II) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata kunci Team Games Tournament Student Team Achievement Division hasil belajar Untuk meningkatkan mutu dan hasil belajar dalam pengajaran seorang guru dituntut supaya menguasai dan menerapkan berbagai strategi pengajaran. Dalam proses pembelajaran masih sering ditemui adanya kecenderungan meminimalkan keterlibatan siswa. Dominasi guru dalam proses pembelajaran menyebabkan kecenderungan siswa lebih bersifat pasif sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru dari pada mencari dan menemukan sendiri pengetahuan ketrampilan atau sikap yang dibutuhkan siswa. Observasi yang dilakukan pada siswa kelas X di SMKN 12 Malang pada mata pelajaran Pemrograman Web adalah sebagai berikut (1) model pembelajaran yang dipakai adalah STAD (2) siswa kurang aktif dalam pembelajaran (3) motivasi belajar siswa kurang (4) 50% hasil belajar sisa di bawah nilai kriteria ketuntasan minimum (5) fasilitas yang kurang dalam praktikum (6) input siswa kurang. Karena model pembelajaran yang diterapkan kurang maksimal pada proses belajar mengajar dan juga hasil belajar maka diperlukan adanya perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang diharapkan sebagai solusi permasalahan tersebut. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan metode Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dengan subjek penelitian kelas X MM 3 sebagai kelas A dan X MM 2 sebagai kelas B. Hasil analisis penelitian ini didapatkan ada hasil belajar tiga ranah (pengetahuan sikap dan keterampilan) pada kelas A dengan model TGT lebih tinggi dibandingkan kelas B dengan model STAD terdapat signifikansi perbedaan rerata hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan baik pada kelas A dan kelas B terdapat signifikansi perbedaan rerata hasil belajar kelas A dan kelas B setelah diberikan perlakuan dengan hasil belajar kelas A lebih tinggi dibandingkan dengan kelas B.Dari analisis penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dibandingkan dengan tipe STAD untuk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46147

Actions (login required)

View Item View Item