Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada matapelajaran TIK Operasi Dasar Sistem Komputer untuk siswa kelas X MAN 2 Pamekasan / Melisa Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada matapelajaran TIK Operasi Dasar Sistem Komputer untuk siswa kelas X MAN 2 Pamekasan / Melisa Rahmawati

Rahmawati, Melisa (2016) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada matapelajaran TIK Operasi Dasar Sistem Komputer untuk siswa kelas X MAN 2 Pamekasan / Melisa Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Melisa. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Matapelajaran TIK Operasi Dasar Sistem Komputer Untuk Siswa Kelas X MAN 2 Pamekasan. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Didik Dwi Prasetya S. T. M.T. (II) M. Zainal Arifin S. Si. M. Kom. Kata Kunci proses pembelajaran media pembelajaran website. MAN 2 Pamekasan merupakan salah satu sekolah yang akan menerapkan kurikulum 2013 mulai tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti menyimpulkan bahwa masih terbatasnya media pembelajaran interaktif pembelajaran praktik yang inovatif dan menyenangkan serta model mengajar praktik dengan ceramah masih menjadi kebiasaan sebagian guru yang mengajar praktikum. Maka dari itu penggunaan media pembelajaran interaktif yang dapat membantu agar tidak menimbulkan kebosanan terhadap siswa. Di sisi lain sarana dan prasarana lengkap serta tidak dipergunakan dengan sebaik mungkin untuk bisa menangkap pelajaran siswa tersebut. Maka siswa tersebut tidak akan keluar kelas (keluyuran) serta aktif mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif atau metode lain untuk bisa memikat siswa tersebut agar tidak kelihatan jenuh. Tujuan pengembangan media pembelajaran interaktif yang diletakkan pada website yang akan dicapai adalah sebagai berikut (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif yang dapat dijadikan perangkat bantu dalam pembelajaran dengan persentase daya ingat tinggi ketika orang belajar dengan mendengar melihat dan melakukan (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis web. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model Sugiyono. Model Sugiyono menyebutkan bahwa dalam penelitian pengembangan terdiri 10 langkah sebagai berikut (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi Produk (10) Produk Massal. Hasil dari uji coba kelayakan media pembelajaran dengan menyebarkan instrumen berupa angket yang ditujukan pada ahli media (1 orang) dinyatakan valid dengan persentase 96 6% pada ahli materi (1 orang) dinyatakan valid dengan persentase 90% dan pada siswa yang terbagi perorangan petama pada kelompok kecil (5 siswa) dinyatakan valid dengan persentase 87 6% serta pada uji lapangan kelompok besar (55 siswa) dinyatakan valid dengan persentase 83 63%. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif pada penelitian ini berupa penilaian angket media pembelajaran berbasis web oleh para validator yaitu ahli media ahli materi dan siswa. Sedangkan data kualitatif berupa tanggapan yang diberikan oleh validator yang berupa kritik dan saran tentang media pembelajaran berbasis web. Sehingga siswa tertarik dengan materi selama pembelajaran berlangsung dikarenakan media yang menarik serta pembelajaran yang interaktif sehingga siswa tidak pasif selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46145

Actions (login required)

View Item View Item