Penerapan algoritma K-Means cluster pada sistem informasi manajemen kehadiran siswa berbasis WEB doi Madrasah Aliyah Negeri Lumajang / Muhammad Ariyanto Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan algoritma K-Means cluster pada sistem informasi manajemen kehadiran siswa berbasis WEB doi Madrasah Aliyah Negeri Lumajang / Muhammad Ariyanto Wijaya

Wijaya, Muhammad Ariyanto A (2016) Penerapan algoritma K-Means cluster pada sistem informasi manajemen kehadiran siswa berbasis WEB doi Madrasah Aliyah Negeri Lumajang / Muhammad Ariyanto Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariyanto M. 2015. Penerapan Algoritma K-Mean Cluster pada Sistem Informasi Manajemen Kehadiran Siswa Berbasis Web di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. (II) M. Zainal Arifin. S.Si. M.Kom. Kata Kunci Kehadiran siswa Absensi Sekolah Web SMS K-Means Cluster Kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah selalu dicatat dalam data absensi/kehadiran siswa. Pencatatan data dilakukan dengan mencatat nama siswa yang tidak hadir pada buku/map. Masalah yang sering muncul yaitu (1)siswa meminta teman untuk membuat surat palsu tanpa diketahui oleh orang tua (2)data yang dihasilkan kurang akurat (3)guru kesulitan jika ingin mengecek data absensi siswa. Selain itu data yang semakin menumpuk akan menjadi data sampah apabila tidak dimanfaatkan. Dari permasalahan tersebut muncul gagasan untuk mengembangkan sistem informasi berbasis web di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. Sistem tersebut dapat merekap data absensi harian siswa yang diambil dari data fingerprint siswa mengelola hasil rekap absensi memberikan informasi melalui sms kepada orang tua atau wali murid apabila anaknya tidak mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah dan menggali informasi dari data kehadian siswa untuk mengetahui pola yang dihasilkan dan digunakan sebagai acuan penentuan jam sekolah. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall dimulai dari tahap (1)definisi kebutuhan sistem (2)desain sistem dan perangkat lunak (3)implementasi dan pengujian unit (4)integrasi dan testing dan (5)operasi dan pemeliharaan. Pemanfaatan data kehadiran menerapkan metode mining data menggunakan algoritma K-Means Cluster dimana data yang masuk akan dikelompokkan dengan kriteria tertentu. Penerapan algoritma -k-means membagi data menjadi 3 kelompok yaitu cluster 1 sebagai jam masuk cluster 2 sebagai jam pelajaran cluster 3 sebagai jam pulang sekolah. Penetapan cluster didapat dari data lampau dan digunakan sebagai acuan data yang akan datang. Pengujian yang dilakukan pada sistem yaitu menggunakan pengujian black-box (pengujian fungsionalitas sistem). Selain itu juga dilakukan pengujian usabilitas sebagai pengujian terhadap kepuasan pengguna. Berdasarkan uji coba yang dilakukan kepada ahli rekayasa perangkat lunak dan user didapatkan data hasil uji coba sebagai berikut. Ahli rekayasa perangkat lunak dengan validasi fungsionalitas 100% dan usabilitas 100% user admin dengan validasi fungsionalitas 100% dan usabilitas 100% user kepala sekolah dengan validasi usabilitas 100% user wali kelas dengan validasi usabilitas 94 94% user guru dengan validasi usabilitas 93 13% dan user siswa dengan validasi usabilitas 84 50%. Selain itu penerapan algoritma k-means cluster dapat digunakan untuk mengetahui pola data kehadiran siswa sebagai informasi pada data yang masih aktif. Berdasarkan hasil data tersebut Sistem Informasi Manajemen Kehadiran Siswa dengan menerapkan Algoritma K-Means Cluster dikatakan valid/diterima dan dapat diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46138

Actions (login required)

View Item View Item