Pengembangan buku ajar simulasi digital untuk kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Nefi Liana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar simulasi digital untuk kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Nefi Liana

Liana, Nefi (2016) Pengembangan buku ajar simulasi digital untuk kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Nefi Liana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Liana Nefi. 2015. Pengembangan Buku Ajar Simulasi Digital Untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi . Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara. M. Pd. (2) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom Kata Kunci Buku Ajar Simulasi Digital Pengembangan Berdasarkan hasil observasi pada proses pembelajaran simulasi digital di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi selama ini dalam pembelajaran peserta didik hanya berpusat terhadap guru. Peserta didik tidak menggunakan buku pegangan khusus. Guru menggunakan power point untuk menyampaikan materi hal itu masih kurang dalam membangkitkan minat peserta didik untuk belajar secara aktif sehingga proses pembelajaran kurang efektif karena materi yang disampaikan tidak dapat diterima secara maksimal oleh peserta didik selain itu dalam proses pembelajaran waktu siswa banyak digunakan untuk mencatat materi yang disampaikan oleh guru. Saat ini memang sudah tersedia buku ajar simulasi digital dari kementerian pendidikan dan kebudayaan. Akan tetapi pada kenyataannya siswa kesulitan dalam menggunakan buku ajar dari kementerian pendidikan dan kebudayaan disimpan dengan format Portable Document Format (PDF) karena tidak semua siswa mempunyai perangkat komputer maupun smartphone yang biasa digunakan untuk membuka buku ajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar simulasi digital untuk kelas X program keahlian teknik komputer dan jaringan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg Gall. Penelitan dan pengembangan ini menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif dengan presentase dan analisis kualitatif. Teknik analisis kuantitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan analisis kualitatif diperoleh dari kritik dan saran para ahli. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah buku ajar simulasi digital untuk kelas X program keahlian teknik komputer dan jaringan. Dengan hasil validasi ahli materi 1 diperoleh persentase sebesar 94 17% dengan kategori sangat valid validasi ahli materi 2 diperoleh presentase sebesar 77 5% dengan kategori sangat valid validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 89 13% dengan kategori sangat valid dari hasil analisis uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 88 87% dengan kategori sangat valid dan dari hasil analisis uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 91 25 dengan kategori sangat valid Kesimpulan pengembangan buku ajar simulasi digital untuk kelas X program keahlian teknik komputer dan jaringan dapat digunakan dalam proses pembelajaran simulasi digital di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46136

Actions (login required)

View Item View Item