Pengembangan bahan ajar berbasis proyek mata pelajaran pemrograman web dinamis untuk siswa kelas XI SMK Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak / Ahmad Khakim Amrullah

Amrullah, Ahmad Khakim (2016) Pengembangan bahan ajar berbasis proyek mata pelajaran pemrograman web dinamis untuk siswa kelas XI SMK Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak / Ahmad Khakim Amrullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amrullah, Ahmad Khakim. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Mata Pelajaran Pemrograman Web Dinamis untuk Siswa Kelas XI SMK Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Slamet Wibawanto, M.T., (II) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T. Kata Kunci: bahan ajar, pemrograman web dinamis, pembelajaran berbasis proyek. Kondisi bahan ajar yang ada di SMK Negeri 12 Malang masih berupa bahan ajar sederhana yaitu bahan ajar presentasi (PPT), yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran. Hal tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan Bu Diyan selaku guru pengampu mata pelajaran Pemrograman Web Dinamis di SMK Negeri 12 Malang. Dengan terbatasnya bahan ajar yang digunakan tersebut menjadikan proses pembelajaran kurang maksimal dengan penerapan Kurikulum 2013, sehingga diperlukan adanya bahan ajar yang dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri dalam mempelajari materi secara teori maupun praktik. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Proyek Mata Pelajaran Pemrograman Web Dinamis dengan harapan dapat membantu tahapan-tahapan proses belajar dengan baik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Dick and Carey yang terdiri dari: (1) Identifying Instructional Goal, (2) Identifying Entry Behaviors, Characteristics, (3) Conducting Instructional Analysis, (4) Writing Performance Objectives, (5) Developing Criterion-Referenced Test, (6) Developing Instructional Strategy, (7) Developing and Selecting Instruction, (8) Designing and Conducting Formative Evaluation, (9) Revising Instruction, dan (10) Designing and Conducting Formative Summative. Bahan ajar yang dihasilkan berupa bahan ajar yang terdiri dari buku siswa dan panduan guru yang masing-masing terdapat 6 proyek berdasarkan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Hasil uji coba pada bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan hasil uji coba perseorangan (reviewer ahli) yang dilakukan oleh 3 reviewer memperoleh hasil 87,87% untuk buku siswa dan 90,63% untuk panduan guru, pada uji coba kelompok kecil memperoleh hasil 88,71%, dan pada uji coba kelompok besar memperoleh hasil 86,80%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46133

Actions (login required)

View Item View Item