Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Sistem Operasi Jaringan berbasis mobile web kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan / Muhammad Faiz Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Sistem Operasi Jaringan berbasis mobile web kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan / Muhammad Faiz Firmansyah

Firmansyah, Muhammad Faiz (2016) Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Sistem Operasi Jaringan berbasis mobile web kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan / Muhammad Faiz Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firmansyah Muhammad Faiz. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Berbasis Mobile Web Untuk Kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Tehnik. Universitas negeri Malang. Pembimbing (1) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom (2) Aji Prasetya Wibawa S.T. M.M.T. Ph.D. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran mobile learning smartphone media interaktif. Berdasarkanhasilobservasi yang dilakukanterdapat beberapasiswa yang mendapatnilainilaidibawahStandarKompetensi Minimal (SKM). Disisi lain terdapatpotensi teknologi yang dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran interaktif. Hal itu dibuktikan dengan adanya 80% siswa di sekolah tersebut memiliki ponsel Smartphone. Sehingga dapatdikembangkan sebuah media interaktif yang layak pada mata pelajaran sistem operasi jaringan di SMK. Media yang dikembangkan hendaknya bias diakses dimana saja dan kapan saja serta mengintegrasikan bahan materi ke dalam media pembelajaran. Sehingga media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran. Pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket pada uji coba ahli materi dan ahli media sebagai evaluator serta siswa sebagai uji pengguna. Sedangkan analisi data menggunakan teknik prosentase oleh Akbar dan Sriwiyana. Hasil penelitian media pembelajaran berbasis web pada perangkat bergerak ini dinyatakan sangat valid dengan data akhir sebesar 82.9% dengan rincian data dari validasi ahli materi yaitu 80.0% validasi ahli media 81.5% dan siswa 84.3 %. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan sebagai suplemen dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46129

Actions (login required)

View Item View Item