Perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan model pembelajaran Jigsaw mata pelajaran Perakitan Komputer pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 12 Malang / Selly Aresta Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan model pembelajaran Jigsaw mata pelajaran Perakitan Komputer pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 12 Malang / Selly Aresta Fitriana

Fitriana, Selly Aresta (2016) Perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan model pembelajaran Jigsaw mata pelajaran Perakitan Komputer pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 12 Malang / Selly Aresta Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriana Selly Ariesta. 2015. PerbedaanHasilBelajarMenggunakan Model Pembelajaran Project BasedLearning dan Model Pembelajaran Jigsaw Mata PelajaranPerakitanKomputerpada Siswa Kelas X TKJ di SMKNegeri 12 Malang.Skripsi Program Studi S1 PendidikanTeknikInformatika JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. SyaadPatmanthara M.Pd (II) Drs. HariPutranto. Kata Kunci Hasil Belajar Project Based Learning Jigsaw Dalammeningkatkanhasilbelajarsiswa seorang guru dituntutuntukmenguasaidanmenerapkanberbagaimetodepengajaran.Dalam prosespembelajaranmasihseringditemuiadanyakecenderunganmeminimalkanketerlibatansiswa. Dominasi guru dalam proses pembelajaranmenyebabkankecenderungansiswalebihbersifatpasifsehinggasiswalebihbanyakmenunggusajian guru daripadamencaridanmenemukansendiripengetahuan sikap atauketerampilan yang dibutuhkansiswa. Penelitian ini diakukan untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa dan untuk membandingkan perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning(PjBL) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaranJigsaw. RancanganpenelitiandenganmetodeeksperimeninimenggunakanbentukPretest-Postest Control Group Design yang melibatkankelompokeksperimendankelompokkontrol.Populasipenelitianiniadalahsiswakelas X jurusanTKJ SMKN 12 Malang tahunajaran 2015/2016dansampelnyaadalah62siswa yang terbagidalam 2 kelasyaitukelas X TKJ-1 dan X TKJ-2. Kelaseksperimendalampenelitianiniadalahkelas yang diperlakukanmenggunakan model pembelajaranProject Based Learning (PjBL)dankelaskontroladalahkelas yang diperlakukanmenggunakan model pembelajaranJigsaw.Keduakelastersebutdiberisoalpretestdanpostestdengansoal yang samapadakeduamateritersebut. Hasilpenelitianeksperimeninimenunjukkanadanyaperbedaanantarahasilbelajarkelaseksperimendankelaskontrol. Hal inidapatdilihatdari rata-rata hasilbelajarsiswa yang diperoleh rata-rata hasilbelajarkelaseksperimenpertemuan pertama adalah76 1 dan pertemuan kedua adalah 80 6 sedangkan rata-rata hasilbelajarkelaskontrolpertemuanpertamaadalah 74 4 dan pertemuan kedua adalah 74 5. Rata-rata nilaihasilbelajarkeduakelastersebutmenunjukkanbahwa rata-rata hasilbelajarsiswakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46119

Actions (login required)

View Item View Item