Pengembangan buku ajar mata pelajaran sistem komputer berbasis kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Teknik Kompuyer Jaringan (TKJ) kelas X SMK Negeri 12 Malang / Muhammad Damaris Widigdya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar mata pelajaran sistem komputer berbasis kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Teknik Kompuyer Jaringan (TKJ) kelas X SMK Negeri 12 Malang / Muhammad Damaris Widigdya

Widigdya, Muhammad Damaris (2016) Pengembangan buku ajar mata pelajaran sistem komputer berbasis kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Teknik Kompuyer Jaringan (TKJ) kelas X SMK Negeri 12 Malang / Muhammad Damaris Widigdya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widigdya Muhammad Damaris. 2014. Pengembangan Buku Ajar Sistem Komputer Berbasis Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Kelas X SMKN 12 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Kata Kunci buku ajar sistem komputer Kurikulum 2013 Teknik Komputer Jaringan Pada saat ini tidak ada buku ajar Sistem Komputer berbasis Kurikulum 2013 yang relevan untuk SMK baik dari Buku yang diterbitkan oleh Pemerintah maupun dari Buku dari perusahaan percetakan. Oleh karena itulah dibutuhkan suatu buku ajar yang dapat berperan sebagai sumber belajar utama Siswa serta dapat digunakan oleh Siswa maupun Guru. buku ajar yang dikembangkan terintegrasi langsung dengan Kurikulum 2013 di mana tidak hanya mengutamakan aspek pengetahuan namun juga mengajarkan aspek moral dan sosial. Buku ajar ini diimplementasikan pada jenjang pendidikan menengah kejuruan yaitu SMK dan terfokus pada mata pelajaran Sistem Komputer untuk Kelas X Program Keahlian produktif Teknik Komputer dan Jaringan. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan buku ajar ini adalah Model pengembangan Borg and Gall (1983). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan adalah langkah pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari (1) identifikasi kebutuhan (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji coba perseorangan (5) revisi (6) uji coba validasi (7) revisi dan (8) uji coba kelompok kecil. Hasil uji validasi dan uji coba dari Ahli Materi menunjukkan tingkat kelayakan buku ajar ini sebesar 83 2%. Sedangkan pada Ahli Media menunjukkan persentase kelayakan sebesar 94 2%. Setelah dilakukan validasi Ahli buku ajar ini diuji cobakan pada kelompok kecil yang memperoleh tingkat kelayakan sebesar 87 1% serta hasil uji coba kelompok besar yang mendapatkan tingkat kelayakan sebesar 87 2%. Berdasarkan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar Sistem Komputer ini telah sangat valid dan layak untuk digunakan langsung dalam kegiatan pembelajaran di kelas maupun kegiatan belajar Siswa secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46115

Actions (login required)

View Item View Item