Perbedaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Direct Instruction (DI) terhadap kemandirian dan hasil belajar pada mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X Program Keahlian TKI di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Yosi Frendy Andrean Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Direct Instruction (DI) terhadap kemandirian dan hasil belajar pada mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X Program Keahlian TKI di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Yosi Frendy Andrean Saputro

Saputro, Yosi Frendy Andrean (2015) Perbedaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Direct Instruction (DI) terhadap kemandirian dan hasil belajar pada mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X Program Keahlian TKI di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Yosi Frendy Andrean Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputro Yosi Frendy Andrean. 2015. Perbedaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Direct Instruction (DI) terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Siswa Kelas X Program Keahlian TKI di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hakkun Elmunsyah M.T. (II) Drs. Hari Putranto. Kata kunci Numbered Heads Together Direct Instruction kemandirian hasil belajar Kemandirian dalam belajar adalah syarat mutlak bagi siswa guna memperoleh hasil yang maksimal karena kegiatan belajar merupakan tanggung jawab dari siswa itu sendiri. Kemandirian dalam belajar memberikan landasan yang kuat bagi keberhasilan siswa dalam mencapai prestasi dan hasil belajar yang memuaskan. Siswa yang mempunyai kemandirian belajar mampu menganalisis permasalahan yang kompleks mampu bekerja secara individual maupun bekerja sama dengan kelompok dan berani mengemukakan gagasan. Pembelajaran yang ada saat ini khususnya di kelas X program keahlian TKI (Teknik Komputer dan Informatika) SMKN 1 Boyolangu Tulungagung kebanyakan siswa hanya duduk tenang dan mendengarkan ceramah dari guru sehingga perlu adanya perubahan ke arah pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang mengarahkan kepada siswa untuk memberikan pengalaman belajar secara langsung yaitu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif yang secara teoritis dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dialami siswa SMKN 1 Boyolangu Tulungagung adalah menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Direct Instruction (DI). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKI di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKI 1 yang berjumlah 37 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X TKI 2 yang berjumlah 35 sebagai kelas eksperimen. Mata pelajaran pada penelitian ini difokuskan pada sub kompetensi struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman. Hasil penelitian (1) model pembelajaran NHT pada kelas eksperimen terbukti efektif karena terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 32 40. Hal tersebut berdampak pada kemandirian belajar siswa yang memperoleh rata-rata sebesar 82 67 dan termasuk dalam kategori baik sedangkan (2) penerapan model pembelajaran DI pada kelas kontrol juga terbukti efektif karena terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 26 81. Hal tersebut berdampak pada kemandirian belajar siswa yang memperoleh rata-rata sebesar 80 00 dan termasuk dalam kategori baik dan (3) adanya perbedaan hasil belajar pada kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46113

Actions (login required)

View Item View Item