Rancang bangun modul pembelajaran untuk siswa kelas XI multimedia pada mata pelajaran Teknik Animasi 3D di SMK Negeri 11 Malang / Khatimatun Husna - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun modul pembelajaran untuk siswa kelas XI multimedia pada mata pelajaran Teknik Animasi 3D di SMK Negeri 11 Malang / Khatimatun Husna

Husna, Khatimatun (2015) Rancang bangun modul pembelajaran untuk siswa kelas XI multimedia pada mata pelajaran Teknik Animasi 3D di SMK Negeri 11 Malang / Khatimatun Husna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Husna Khatimatun.2015. Rancang Bangun Modul Pembelajaran Untuk Siswa Kelas XI Multimedia pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 3D di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (2) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci rancang bangun modul pembelajaran teknik animasi 3D Berdasarkan hasil observasi pembelajaran program keahlian Multimedia di SMK Negeri 11 Malang ditemukan masalah terkait dengan bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan masih terbatas pada slide persentasi yang disajikan guru. Saat proses pembelajaran berlangsung guru menjelaskan sambil menyajikan slide presentasi materi yang diajarkan. Materi yang disajikan guru pada mata pelajaran teknik animasi 3D ini diperoleh dari internet dan buku paket yang dibeli sendiri oleh guru jadi tidak disediakan oleh sekolah. Siswa memperhatikan penjelasan guru kemudian diminta untuk mencatat materi dari slide yang disajikan. Namun saat siswa mencatat kelas menjadi tidak kondusif. Ini terlihat dari kebanyakan siswa tidak fokus dan mencatat sambil berbicara satu sama lain di dalam kelas sehingga kelas menjadi gaduh. Selain itu waktu pembelajaran menjadi kurang efektif karena banyak waktu yang terbuang hanya digunakan untuk mencatat materi saja oleh siswa. Kondisi pembelajaran yang seperti ini terjadi karena baik guru maupun siswa belum memiliki buku/modul sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan modul pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 3D di SMK 11 Malang sebagai pegangan siswa dan pegangan guru agar dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar (2) Menguji kelayakan modul pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Animasi 3D di SMK 11 Malang. Penelitian ini menggunakan model rancang bangun Pusdiklat (Depdiknas). Model rancang bangun Pusdiklat terdiri dari 5 (lima) langkah yaitu (1) Analisis kebutuhan 2) Strategi Pendekatan (3) Penyusunan bahan (4) Pelaksanaan dan (5) Evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner/angket. Pengolah data hasil uji coba menggunakan rumus analisis deskriptif. Hasil dari rancang bangun ini adalah modul cetak yang terdiri dari modul pegangan siswa dan modul pegangan guru. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang dilakukan hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 92 85% (valid) hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 93 75% (valid) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 89 33% (layak) dan hasil ujicoba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 88 40% (layak). Dengan demikian media pembelajaran ini sudah dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar Teknik Animasi 3D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46110

Actions (login required)

View Item View Item