Pengaruh lingkungan belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan teknik komputer dan jaringan di SMK negeri se Kabupaten Pasuruan / Junizar Fanny Riki Asri

Asri, Junizar Fanny Riki (2015) Pengaruh lingkungan belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan teknik komputer dan jaringan di SMK negeri se Kabupaten Pasuruan / Junizar Fanny Riki Asri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asri, Junizar Fanny Riki. 2015. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri Se-Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T., (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Gaya Belajar, Prestasi Belajar Dewasa ini, prestasi belajar siswa menjadi ukuran bagi keberhasilan belajar yang telah ditempuh oleh siswa. Tingkat keberhasilan siswa ditinjau dari seberapa tinggi siswa tersebut dapat meraih prestasi dalam belajarnya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi dan menimbulkan kesulitan belajar bagi siswa jika tidak mencukupi pemenuhannya yang pada akhirnya menghambat dan mempengaruhi pencapaian prestasi belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan perbedaan lingkungan belajar di beberapa sekolah yang menjadi tempat penelitian serta adanya perbedaan proses belajar di beberapa sekolah tersebut yang pada akhirnya menimbulkan perbedaan tingkat prestasi belajar siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri se-Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya pengaruh antara lingkungan belajar (X1) dengan prestasi belajar siswa (Y), (2) mengetahui adanya pengaruh antara gaya belajar (X2) dengan prestasi belajar siswa (Y), (3) mengetahui adanya pengaruh secara simultan antara lingkungan belajar (X1) dan gaya belajar (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri se-Kabupaten Pasuruan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah model penelitian kuantitatif asosiatif dan pengambilan datanya menggunakan metode angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri se-Kabupaten Pasuruan sebanyak 6 sekolah dan jumlah keseluruhan 16 kelas dengan total 569 siswa, kemudian dari populasi ini akan diambil beberapa siswa untuk dijadikan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, analisis hipotesis, dan sumbangan prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri se-Kabupaten Pasuruan dengan sumbangan efektif sebesar 38.97%. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri se-Kabupaten Pasuruan dengan sumbangan efektif sebesar 23.33%. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara lingkungan belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri se-Kabupaten Pasuruan sebesar 62.3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46104

Actions (login required)

View Item View Item