Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pemrograman dasar pada siswa kelas X TKJ SMKN 2 Probolinggo / Dedy Hendarman - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pemrograman dasar pada siswa kelas X TKJ SMKN 2 Probolinggo / Dedy Hendarman

Hendarman, Dedy (2015) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pemrograman dasar pada siswa kelas X TKJ SMKN 2 Probolinggo / Dedy Hendarman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hendarman Dedy. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Pada Siswa Kelas X TKJ SMKN 2 Probolinggo. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hary Suswanto S.T. M.T. Pembimbing (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning Aktivitas Belajar Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi pada SMKN 2 Probolinggo di kelas X TKJ 3yaitu didapatkan data dari aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikelas terlihat sebanyak 50% siswa kurang aktif dan kurang antusias terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan.Rata-rata kelas pada materi struktur kontrol percabangan sebesar 46 dan persentase ketuntasan sebesar 35% sehingga dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dinyatakan kurang.Berdasarkan masalah tersebut maka diterapkanmodel pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas XTKJ3 SMKN 2 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) model Kemmis McTaggart. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu (1) Perencanaan (Planning) (2) Pelaksanaan (Acting) (3) Pengamatan (Observing) (4) Refleksi (Reflecting). Subyek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X TKJ 3 SMKN 2 Probolinggo dengan 37 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik test dan non-test. Test berupa pre-test dan post-test yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa sedangkan non-test berupa angket yang digunakan untuk mengambil data validasi dan lembar observasi yang digunakan untuk melihat aktivitas siswa. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 72 13%dan pada siklus II sebesar 84 73%. Hasil belajar kompetensi sikap siklus I memiliki rata-rata sebesar 3 43dan persentase ketuntasan sebesar 100% siklus II memiliki rata-rata sebesar 3 58 dan persentase ketuntasan sebesar 100%. Hasil belajar kompetensi pengetahuan memiliki rata-rata kelas sebesar 78 dan persentase ketuntasan sebesar 58 8% siklus II memiliki rata-rata kelas sebesar 81 dan persentase ketuntasan sebesar 86%. Hasil belajar kompetensi keterampilan siklus I memiliki rata-rata kelas sebesar 3 14 dan persentase ketuntasan sebesar 59 46% siklus II memiliki rata-rata kelas sebesar 3 57 dan persentase ketuntasan sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based leaning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X TKJ 3 SMKN 2 Probolinggo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46103

Actions (login required)

View Item View Item