Pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran jaringan dasar di SMK Negeri 3 Malang / Aris Firmansah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran jaringan dasar di SMK Negeri 3 Malang / Aris Firmansah

Firmansah, Aris (2015) Pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran jaringan dasar di SMK Negeri 3 Malang / Aris Firmansah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firmansah Aris. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar di SMKNegeri3 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran jaringan dasar Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan pengalaman baru sekaligus merupakan tantangan bagi guru untuk memanfaatkan perkembangan IPTEK menjadi salah satu modal penting penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang lebih efisien dan interaktif. Salah satu pemanfaatan dari perkembangan IPTEK yaitu dengan menerapkannya dalam proses pembelajaran dengan menghasilkan media pembelajaran yang menarik agar menunjang pembelajaran.SMKN 3 Malang memiliki peralatan multimedia yang memadai. Sekolah memiliki LCD Proyektor yang dipasang pada Laboratorium maupun di setiap kelas yang tentunya mendukung pembelajaran menggunakan multimedia interaktif. Tetapi media yang digunakan untuk menyampaikan materi masih sangat sederhana yaitu menggunakan media dalam bentuk PowerPoint dan buku dalam bentuk pdf. Sehingga hal ini menyebabkan kegiatan belajar-mengajar kurang maksimal karena media pembelajaran yang bersifat searah Dengan proses dan cara pembelajaran seperti itu siswa menjadi kurang aktif karena siswa hanya mendengarkan dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)melakukan perancangan dan pengembangan media pembelajaran untuk mata pelajaran Jaringan Dasar kelas X di SMKN 3 Malang program keahlian TKJ (2)melakukan pengujian untuk menilai kelayakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dari Sadiman. yang terdiri dari beberapa tahapan yakni (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) tes/uji coba (7) revisi dan (8) media siap produksi (Sadiman 2012). Hasil secara keseluruhan dari pengembangan media pembelajaran Jaringan Dasar di SMKN 3 Malang didapat persentase tingkat kelayakan 88 25% dan dinyatakan sangat valid. Keseluruhan hasil yang didapat adalah berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif dari validasi para ahli dan uji coba kelayakan siswa Kelas X (sepuluh). Hasil validasi ahli media di dapat persentase tingkat kelayakan 81 94% dan dinyatakan cukup valid. Hasil validasi ahli materi di dapat persentase tingkat kelayakan 89 77% dan dinyatakan sangat valid.Sedangkan pada uji coba perorangan mendapatkan 90 71 % dinyatakan sangat valid uji coba kelompok kecil sebesar 90 03% dinyatakan sangat valid dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan persentase sebesar 88 81% dinyatakan sangat valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46098

Actions (login required)

View Item View Item