Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Slahung / Desy Dwi Ariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Slahung / Desy Dwi Ariyanti

Ariyanti, Desy Dwi (2015) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Slahung / Desy Dwi Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariyanti Desy Dwi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar pada Mata Pelajaran Sistem Komputer kelas X TKJ SMK Negeri 1 Slahung. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd (2) Drs. Hari Putranto. Kata Kunci pembelajaran berbasis masalah hasil belajar keaktifan belajar Pada mata pelajaran Sistem Komputer di SMK program keahlian TKJ siswa harusnya berperan aktif dalam pembelajaran. Tidak hanya aktif dalam mengerjakan tugas namun juga keterampilan untuk lebih memahami materi yang dibutuhkan sebagai dasar pengetahuan. Dengan diterapkannya kurikulum 2013 pembelajaran dipusatkan pada siswa siswa dituntut untuk lebih aktif. Dalam proses pembelajaran pra tindakan yang dilaksanakan pada tanggal 18 September 2014 mata pelajaran Sistem Komputer dengan materi Gerbang Logika. Kecenderungan penyampaian materi yang terlalu banyak dan tidak adanya interaksi dalam kelas mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Dan dari proses pembelajaran pra tindakan yang dilakukan pada kelas X TKJ 1 keaktifan belajar masih sangat rendah hanya dua orang siswa yang aktif dalam pembelajaran. Kegaduhan siswa juga membuat proses pembelajaran menjadi terganggu. Dan dari hasil belajar siswa didapatkan nilai rata-rata siswa kelas X TKJ 1 adalah 39 5. Berdasarkan KKM (75) yang telah ditentukan 100% siswa tidak lulus pada mata pelajaran tersebut. Adapun strategi yang dilakukan dalam proses PBL yaitu terdiri dari 5 tahapan (1) Orientasi pembelajaran. (2) Mengorganisasikan peserta didik. (3) Membantu investigasi mandiri dan kelompok. (4) Mengembangkan dan mempresentasikan. (5) Menganalisis dan mengevaluasi. Berdasarkan uraian di atas peneliti menerapkan PTK (Penelitian Tindak Kelas) yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas X TKJ-1 yang membutuhkan perbaikan pada mata pelajaran Sistem Komputer dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) di SMK Negeri 1 Slahung.dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada pokok bahasan Gerbang Logika. Penelitian ditujukan untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Slahung yang mengalami kekurangan pada prosses pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Slahung yang berjumlah 102 siswa terdiri dari 3 kelas. Dari tiga kelas hanya digunakan 1 kelas yaitu kelas X TKJ-1. Pada kelas X TKJ-1 berjumlah 34 siswa. Analisis data yang akan adalah hasil observasi terhadap keaktifan siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada tiga aspek yaitu aspek pengetahuan aspek sikap dan aspek keterampilan. Berdasarkan dari hasil observasi tentang hasil belajar siswa didapatkan hasil belajar sebesar 29 41% siklus I menjadi 85 29% siklus II meliputi aspek pengetahuan 29 41% siklus I menjadi 76 46% siklus II aspek sikap 47 06% siklus I menjadi 88 23% siklus II dan aspek keterampilan 26 47% siklus I menjadi 88 23% siklus II. Dan untuk keaktifan belajar mengalami peningkatan dari 20 58% siklus I menjadi 85 30% siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa. Siklus dihentikan pada siklus II karena terdapat tiga siswa yang tidak masuk jadi hasil tidak bisa mencapai 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46088

Actions (login required)

View Item View Item