Pengembangan media pembelajaran berbasis tutorial pada mata pelajaran sistem komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Pungging / Fauzul Adhim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis tutorial pada mata pelajaran sistem komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Pungging / Fauzul Adhim

Adhim, Fauzul (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis tutorial pada mata pelajaran sistem komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Pungging / Fauzul Adhim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adhim Fauzul. 2015. Pengembangan Media PembelajaranBerbasis Tutorial Pada Mata PelajaranSistemKomputerUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa di SMK Negeri 1 Pungging. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HarySuswanto M.T. Pembimbing (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng Kata kunci Tutorial Media Pembelajaran Sistem Komputer Hasil Belajar. Sistem Komputer merupakan mata pelajaran dasar pada sekolah menengah kejuruan. Materi yang diberikan merupakan dasar dari mata pelajaran dan akan selalu berkaitan dengan materi yang ada pada mata pelajaran lain. Berbagai media pembelajaran diperlukan untuk mendukung pembelajaran agar peserta didik lebih memahami materi yang disampaikan. Media pembelajaran yang ada belum optimal berdampak pada pemahaman siswa mendalami dan mengingat materi. Media yang sederhana dan metode penyampaian materi secara konfensional membuat siswa bosan dalam menerima materi yang diberikan. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan suatu media pembelajaran yang teratur dan dan tersusun secara sistematis agar dapat mencapai tujuan pembelajaran serta untuk meperoleh kemampuan dalam meningkatkan efektifitas belajar yang dilakukan oleh guru dan siswa. Media akan lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa bila konsep tersebut disajikan melalui prosedur dan langkah-langkah yang jelas dan menarik. Berdasarkan latar belakang tersebut dilakukan pengembangan media pembelajaran berbasis tutorial pada Mata Pelajaran Sistem Komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Pungging. Pengembanganmedia pembelajaran berbasis tutorialdilakukandenganmenggunakanmetodepengembangan ADDIE. Langkah-langkahpengembangannyaadalah 1) analisis 2) desain 3) pengembanganproduk 4) implementasi dan 5) evaluasi. Subyekanalisiskebutuhanpadapengembanganmediapembelajaraniniadalahsiswakelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 1 Pungging. Kemudianuntukpengumpulan data menggunakanangketdantes. Angketdigunakanuntuk data validasiolehahli media ahlimateri dansiswa. Tesdigunakanpada proses pre testdanpost testuntukmelihathasilbelajarsiswa. Berdasarkanhasilpenelitiandananalisis data hasilpengembangandanimplementasimakadidapatkanvaliditasdariahli media danmateridengan rata-rata 95%. Kemudiandarihasilujiskalakecildidapatkannilaivaliditassebesar87 56% dandarihasilujiskalaluasdidapatkannilaivaliditassebesar 90 51%. Selanjutnyahasilbelajarsiswamenunjukkanpeningkatanhasilbelajar nilaipre testdengan rata-rata 31 48 setelahmenggunakanmedia yang dikembangkanmeningkatmenjadi80 42%. Berdasarkanhasilpenilaiandanhasilbelajartersebut makadapatdisimpulkanbahwamediapembelajaraninteraktif yang dikembangkan valid danlayakdigunakandalam proses pembelajaran di SMK Negeri1 Pungging sertadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46087

Actions (login required)

View Item View Item