Rancang bangun modul pembelajaran perakitan komputer menggunakan scientific approach untuk peserta didik kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang / Dewi Rizka Fithriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun modul pembelajaran perakitan komputer menggunakan scientific approach untuk peserta didik kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang / Dewi Rizka Fithriyah

Fithriyah, Dewi Rizka (2015) Rancang bangun modul pembelajaran perakitan komputer menggunakan scientific approach untuk peserta didik kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang / Dewi Rizka Fithriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fithriyah Dewi Rizka. 2015. Rancang Bangun Modul Pembelajaran Perakitan Komputer Menggunakan Scientific Approach Untuk Peserta didik Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Puger Honggowijono M.T. (2) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom Kata Kunci Rancang Bangun Modul Perakitan Komputer Scientific Approach Berdasarkan hasil wawancara terhadap pendidik mata pelajaran perakitan komputer di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi selama ini dalam proses pembelajaran perakitan komputer semua proses berpusat kepada pendidik. Hal tersebut dikarenakan peserta didik tidak memiliki modul tersendiri. Selain itu materi yang didapat peserta didik hanya dari materi yang diberikan oleh pendidik berupa slide presentasi. Tentunya selama proses pembelajaran peserta didik memiliki kecepatan pemahaman yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kecepatan belajar cepat memahami materi yang disampaikan oleh pendidik dan ada juga yang memiliki kemampuan yang lambat dalam menerima materi yang disampaikan. Hal ini menyebabkan peserta didik yang memiliki kecepatan belajar yang tinggi harus lebih bersabar mengikuti peserta didik yang lain yang kecepatan belajarnya masih lambat. Modul merupakan salah satu jenis bahan ajar yang banyak digunakan dalam proses pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar yang dapat dilakukan secara mandiri. Scientific Approach adalah satu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran dengan menitikberatkan pada penggunaan metode ilmiah dalam kegiatan belajar mengajar. Scientific Approach merupakan pendekatan yang digunakan didalam kurikulum 2013. Dari alasan tersebut penulis akan membuat modul perakitan komputer menggunakan scientific approach sebagai modul pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) merancang bangun modul pembelajaran perakitan komputer dan (2) menguji kelayakan modul pembelajaran perakitan komputer. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model rancang bangun Pusdiklat (Depdiknas). Model rancang bangun ini terdiri dari enam tahap yaitu (1) analisis kebutuhan bahan ajar (2) strategi pendekatan (3) penyusunan modul (4) pelaksanaan (5) evaluasi dan (6) Penyebaran laporan. Hasil dari penelitian rancang bangun ini adalah modul pembelajaran perakitan komputer. Modul pembelajaran ini terbagi menjadi dua yaitu (1) modul untuk pendidik dan (2) modul untuk peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan instrumen angket didapat persentase hasil validasi oleh ahli materi sebesar 95% ahli media sebesar 98% uji coba pengguna pendidik 96% uji coba kelompok kecil 90 5% dan uji coba kelompok besar 90 4%. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran perakitan komputer secara keseluruhan dinyatakan layak atau valid. Media dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran dan media belajar mandiri bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46079

Actions (login required)

View Item View Item