Pengembangan modul mata pelajaran administrasi server untuk kelas XII SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan / Sotya Renaningwibi Samsudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul mata pelajaran administrasi server untuk kelas XII SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan / Sotya Renaningwibi Samsudin

Samsudin, Sotya Renaningwibi (2015) Pengembangan modul mata pelajaran administrasi server untuk kelas XII SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan / Sotya Renaningwibi Samsudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Samsudin Sotya Renaningwibi. 2015. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Administrasi Server untuk Kelas XII SMK Kompetensi keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (II) Muhammad Jauharul Fuady M.T. Proses belajar mengajar di kelas seharusnya menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan guru pengampu mata pelajaran administrasi server di SMKN 6 Malang diketahui bahwa proses belajar mengajar mata pelajaran administrasi server di SMK Neger 6 Malang selama ini tidak menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Hal ini berimbas pada pendidik serta peserta didik Pendidik cenderung tidak mengimplementasikan Kurikulum 2013 sementara peserta didik tidak mendapatkan materi yang sesuai dengan silabus. Sehingga bahan ajar modul yang sesuai dengan kurikulum 2013 sangat dibutuhkan. Modul administrasi server dikembangkan dengan model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Pustekkom. Pengembangan modul menggunakan Pustekkom ini meliputi (1) Bedah kurikulum (2) Identifikasi media (3) Pengembangan naskah (4) Produksi (5) Penyempurnaan (6) Tes/Ujicoba (7) Revisi. Sedangkan analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil uji coba menggunakan teknik persentase. Hasil pengembangan adalah berupa modul pegangan guru dan modul pegangan siswa yang kemudian dilakukan validasi atau pengujian Jenis validasi yang ditempuh adalah uji ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi administrasi server. Modul administrasi server untuk kelas XII SMK kompetensi keahlian TKJ telah direview oleh ahli media dengan persentase kelayakan sebesar 95% yang berarti sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Kemudian review dari dua orang ahli materi didapatkan persentase 82% yang berarti sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Selain itu hasil uji coba kelompok kecil didapatkan persentase kelayakan sebesar 85% yang berarti sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Selanjutnya pada uji coba kelompok besar didapatkan persentase kelayakan sebesar 82% yang berarti sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Jika dirata-rata persentase kelayakan yang didapatkan dari ahli dan uji coba pada peserta didik adalah 86% yang juga dapat diinterpretasikan bahwa modul administrasi server yang dikembangan oleh pengembang sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Kata kunci Pengembangan modul administrasi server teknik komputer dan jaringan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46075

Actions (login required)

View Item View Item