Pengembangan modul ajar elektronik sebagai sumber belajar mandiri untuk matakuliah mobile learning di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Zulmi Rizah Ahmad Junaedi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar elektronik sebagai sumber belajar mandiri untuk matakuliah mobile learning di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Zulmi Rizah Ahmad Junaedi

Junaedi, Zulmi Rizah Ahmad (2015) Pengembangan modul ajar elektronik sebagai sumber belajar mandiri untuk matakuliah mobile learning di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Zulmi Rizah Ahmad Junaedi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL AJAR ELEKTRONIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MATAKULIAH MOBILE LEARNING DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MALANG ABSTRAK Junaedi Zulmi Rizah Ahmad. 2015. Pengembangan Modul Ajar Elektronik Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Matakuliah Mobile Learning Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Kompetensi keahlian Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. dan pembimbing (2) Muhammad Jauharul Fuady S.T. M.T. Kata Kunci Modul Ajar Mobile Learning Sumber Belajar Mandiri Mobile Learning merupakan matakuliah pilihan yang baru diterapkan pada awal tahun 2014 sehingga modul ajar untuk matakuliah tersebut belum tersedia. Hal tersebut menjadi sebuah masalah dikarenakan kompetensi yang ditetapkan adalah merancang aplikasi mobile yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan kondisi tersebut maka dibutuhkan modul ajar yang dapat digunakan mahasiswa sebagai sumber belajar mandiri. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul ajar elektronik untuk matakuliah Mobile Learning dan mengetahui kelayakan modul ajar yang dikembangkan. Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (analysis design development implementation dan evaluation). Langkah-langkah pengembangan ADDIE dilakukan dengan urutan analysis desain development dan implementation serta evaluasi di setiap langkahnya. Analysis dilakukan untuk mengetahui masalah yang ada dalam pembelajaran Mobile Learning lalu selanjutnya dilakukan evaluasi. Design yakni membuat konsep modul ajar serta membuat sekenario pembelajaran yang selanjutnya akan dievaluasi. Development yakni mengembangkan modul ajar berdasarkan desain yang telah dibuat kemudian dievaluasi. Implementation yakni validasi tim ahli yang kemudian diujicoba perorangan kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil implementasi kemudian dievaluasi sebagai bahan revisi produk modul ajar. Metode pengembangan ADDIE dipilih karena sistematis selain itu setiap langkah dalam pengembangan ADDIE dievaluasi. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah modul ajar elektronik untuk Matakuliah Mobile Learning di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil uji kelayakan dari validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 92 5% validasi ahli materi sebesar 94 44% uji coba perorangan sebesar 86 11% uji coba kelompok kecil sebesar 85 69% dan uji coba kelompok besar sebesar 86 67%. Rata-rata persentase kelayakan modul ajar secara keseluruhan adalah 89 11%. Berdasarkan kriteria kelayakan menurut Akbar dan Sriwiyana (2011 207) modul ajar dapat dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46074

Actions (login required)

View Item View Item