Perbedaan hasil belajar sistem komputer menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share dan think pair square pada siswa kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Negeri 2 Malang / Lailiatul Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar sistem komputer menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share dan think pair square pada siswa kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Negeri 2 Malang / Lailiatul Fitriani

Fitriani, Lailiatul (2015) Perbedaan hasil belajar sistem komputer menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share dan think pair square pada siswa kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Negeri 2 Malang / Lailiatul Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani Lailiatul. 2015.Perbedaan Hasil Belajar Sistem Komputer Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dan Think Pair Square Pada Siswa Kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi Program Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (II) Triyanna Widyaningtyas S.T. M.T. Kata kunci Cooperative Learning Think Pair Share Think Pair Square Hasil Belajar Proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Salah satu indikasi rendahnya hasil belajar siswa adalah model pembelajaran yang belum optimal. Sehingga siswa tidak terlalu berminat untuk mengikuti pembelajaran yang akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor salah satu di antaranya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat terhadap kondisi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan sikap dan keterampilan sistem komputer menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share dan tipe think pair square pada siswa kelas X program keahlian TKJ di SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pola posttest only control design. Teknik analisis data yang digunakan adalah menguji hipotesis dengan uji-t. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas dan terikat. Model pembelajaran sebagai variabel bebas dan hasil belajar sistem komputer pada siswa kelas X program keahlian TKJ di SMK Negeri 2 Malang sebagai variabel terikat. Hasil penelitian dilihat dari uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ranah pengetahuan (0.048 0.05) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ranah sikap (0.423 0.05) dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ranah keterampilan (0.226 0.05). Kesimpulan dari penelitian yaitu terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ranah pengetahuan siswa dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ranah sikap dan keterampilan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46073

Actions (login required)

View Item View Item