Perbedaan rata-rata pengetahuan sistem operasi karena penerapan quantum learning divariasi dengan teknik pembelajaran bagi siswa kelas X Multimedia di SMKN 2 Singosari Malang / Febrilina Pramudiyanti

Pramudiyanti, Febrilina (2015) Perbedaan rata-rata pengetahuan sistem operasi karena penerapan quantum learning divariasi dengan teknik pembelajaran bagi siswa kelas X Multimedia di SMKN 2 Singosari Malang / Febrilina Pramudiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramudiyanti, Febrilina. Perbedaan Rata-rata Pengetahuan Sistem Operasi karena Penerapan Quantum Learning Divariasi dengan Teknik Pembelajaran bagi Siswa Kelas X Multimedia di SMKN 2 Singosari Malang. Skripsi, Program Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Setiadi C.P., M.Pd., M.T. (2) M. Zainal Arifin., S.Si., M.Kom. Kata Kunci: Quantum Learning, Varian Teknik Pembelajaran, Rata-rata Pengetahuan, Sistem Operasi. Pendidikan adalah salah satu bidang yang mengurusi masalah sumber daya manusia (SDM). Jika pembelajaran di sekolah baik, maka rata-rata pengetahuan pun ikut baik sehingga pendidikan juga ikut baik. Rata-rata pengetahuan pada mata pelajaran Sistem Operasi tergolong kurang tinggi. Hal tersebut sesuai dengan kemampuan awal siswa yang nilainya tidak terlalu tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap signifikansi perbedaan rata-rata pengetahuan antara penerapan variasi teknik pembelajaran Quantum Learning yakni peta pikiran, tulis susun dan teknik mengingat Sistem Operasi. Rancangan penelitian menggunakan true-experimental posttest only control design. Populasinya terdapat pada kelas X Multimedia (MM) SMKN 2 Singosari semester II 2014/2015 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 106 siswa. Sampel diambil sebanyak 45 siswa, masing-masing kelas terdiri dari 15 siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan ANAVA satu jalur dan dilanjutkan uji Post Hoc untuk melihat efek yang paling berbeda dari tiga teknik perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan data sig. 0,001, artinya sig. < 0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan Sistem Operasi pada masing-masing varian pembelajaran Quantum Learning. Data kelas peta pikiran dan kelas tulis susun menunjukkan data sig. 0,021, artinya sig. < 0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan Sistem Operasi pada kelas tersebut. Data kelas kelas tulis susun dan kelas teknik mengingat menunjukkan sig. 0,000, artinya sig. < 0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan Sistem Operasi pada kelas tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat perbedaan antara ketiga teknik pembelajaran dengan perbedaan yang paling signifikan pada kelas peta pikiran dan kelas tulis susun serta kelas peta pikiran dan kelas teknik mengingat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, guru dapat menerapkan pembelajaran Quantum Learning di kelas. Guru juga bisa memadukan ketiga varian pembelajaran Quantum Learning. Siswa dapat merasakan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bersemangat dari biasanya. Para peneliti dapat melanjutkan kajian yang lebih mendalam mengenai teknik pembelajaran yang lain dari Quantum Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46072

Actions (login required)

View Item View Item