Pengembangan modul mata pelajaran Sistem Komputer kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika berbasis website di SMKN 1 Lumajang / Ika Rizki Choirunnisaa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul mata pelajaran Sistem Komputer kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika berbasis website di SMKN 1 Lumajang / Ika Rizki Choirunnisaa

Choirunnisaa, Ika Rizki (2015) Pengembangan modul mata pelajaran Sistem Komputer kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika berbasis website di SMKN 1 Lumajang / Ika Rizki Choirunnisaa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Choirunnisaa Ika Rizki. 2015. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Berbasis Website di SMKN 1 Lumajang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom. (2) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci Pengembangan Modul Website Sistem Komputer Modul merupakan salah satu sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran yang disusun berdasarkan kurikulum tertentu. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru SMKN 1 Lumajang di tahun 2013 telah diterapkan kurikulum 2013 sebagai pengganti dari kurikulum sebelumnya yakni KTSP. Dalam pelaksanaannya kurikulum 2013 masih kurang maksimal dikarenakan sumber belajar yang tersedia masih terlalu minim. Sistem Komputer adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena terbatasnya sumber belajar dari mata pelajaran tersebut. Dari permasalahan tersebut maka penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul mata pelajaran sistem komputer kelas X program keahlian teknik komputer dan informatika berbasis website. Metode pengembangan modul yang digunakan ialah metode Research and Development dari Borg dan Gall. Penggunaan model pengembangan ini karena tujuan dari model pengembangan Borg dan Gall adalah mengembangkan dan memvalidasi produk baru ataupun menyempurnakan produk yang sudah ada. Adapun langkah-langkah pengembangan modul yang digunakan adalah sebagai berikut (1) Research and Information Collecting (2) Planning (3) Develop Preliminary Form of Product (4) Preliminary Field Testing (5)Main Product Revision (6)Main Field Testing (7)Operational Product Revison (8)Operational Field Testing (9)Final Product Revision (10) Dissemination and Implementation.Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Komputer dan Informatika SMKN 1 Lumajang.Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket pada subyek uji coba. Sebelum diuji cobakan pada siswa produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Dari hasil pengembangan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa (1) Produk yang dihasilkan berupa modul pegangan siswa berbasis web dan modul pegangan guru untuk mata pelajaran Sistem Komputer Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika (2) Produk yang dihasilkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan persentase validasi dari ahli media dan ahli materi 92% dan 95 5% serta perolehan hasil uji coba produk awal uji coba utama dan uji coba lapangan berturut-turut adalah 86 7% 82% dan 80 6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan yakni modul sistem komputer berbasis web valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46068

Actions (login required)

View Item View Item