Pengembangan trainer gerbang logika dan flip flop pada mata pelajaran teknik elektronika dasar siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari / Moh. Ali Irfan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer gerbang logika dan flip flop pada mata pelajaran teknik elektronika dasar siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari / Moh. Ali Irfan

Irfan, Moh. Ali (2015) Pengembangan trainer gerbang logika dan flip flop pada mata pelajaran teknik elektronika dasar siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari / Moh. Ali Irfan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Moh. Ali Irfan. 2015. Pengembangan Trainer Gerbang Logika dan Flip Flop pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd (2) Drs. Suwasono M.T. Kata Kunci Pengembangan Trainer Gerbang Logika dan Flip Flop Gerbang logika dan flip flop merupakan materi yang harus ditempuh oleh siswa Jurusan Teknik Elektronika Industri. Dalam kegiatan praktikum siswa dituntut untuk memahami dan merangkai rangkaian gerbang logika dan flip flop. Pada hasil observasi pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar materi gerbang logika dan flip flop di SMK Negeri 2 singosari dapat disimpulkan (1) pembelajaran praktikum materi Gerbang Logika dan Flip Flop di SMK Negeri 2 Singosari masih menggunakan project board yang mempunyai kelemahan yaitu tidak ada visualisasi mengenai rangkaian yang akan dipraktekkan sehingga pemahaman siswa akan materi yang dibahas berkurang (2) dalam kegiatan praktikum waktu yang digunakan terlalu lama karena siswa harus menyiapkan komponen sebelum praktikum dan harus bongkar pasang komponen sesuai dengan percobaan yang dipraktekkan (3) dalam kegiatan praktikum guru memberi contoh kegiatan yang akan dilakukan menggunakan media simulasi karena tidak adanya benda nyata seperti trainer sehingga pencapaian Kompetensi Dasar yang telah dituliskan pada silabus belum semuanya dapat terlaksana dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah media yang dapat membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan. Maka untuk membantu pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan diperlukan sebuah media yaitu trainer. Trainer merupakan media berbentuk nyata guna mengilustrasikan materi yang dibahas. Trainer yang dikembangkan sesuai dengan materi yang diajarkan disertai jobsheet dan buku petunjuk penggunaan. Model pengembangan Trainer Gerbang Logika dan Flip Flop menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Proses validasi dilaksanakan oleh ahli media ahli materi dan melakukan implementasi pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Validasi bertujuan untuk mengukur kelayakan produk yang dikembangkan. Validasi menggunakan angket rating scale yang kemudian dianalisis. Analisis digunakan untuk menentukan kelayakan media sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah Trainer Gerbang Logika dan Flip Flop yang disertai dengan jobsheet dan buku petunjuk penggunaan. Tahap pertama melakukan validasi oleh ahli dilanjutkan dengan mengujicobakan trainer pada siswa. Sampel sasaran ujicoba adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri yang sedang menempuh mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar materi gerbang logika dan flip flop. Persentase hasil validasi ahli media 86.72% ahli materi dosen 97.06% validasi ahli materi guru SMK 98.53% dan hasil uji coba pada kelompok kecil 93.89% kelompok besar 92.24%. Dari hasil validasi dan uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid secara keseluruhan. Dari kriteria yang didapatkan menunjukkan produk dinyatakan layak dan sangat baik digunakan serta dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46063

Actions (login required)

View Item View Item