Pengembangan modul pembelajaran Pemrograman WEB kelas X Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Sumenep / Imelda Rima Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran Pemrograman WEB kelas X Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Sumenep / Imelda Rima Kurniawati

Kurniawati, Imelda Rima (2015) Pengembangan modul pembelajaran Pemrograman WEB kelas X Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Sumenep / Imelda Rima Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kuniawati Imilda Rima. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Pemrograman Web Kelas X Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Sumenep. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom. (II) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd Kata kunci pengembangan modul pemrograman web Pemrograman web merupakan matapelajaran program keahlian RPL. Matapelajaran pemrograman web yang tersedia di sekolah hanya berupa softcopy dan masih belum tersusun dengan baik. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan membuat modul pembelajaran pemrograman web kelas X RPL yang dapat membantu siswa dalam menerima materi secara penuh dalam mencapai tujuan pembelajaran dan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran sebagai media pembelajaran. Modul pemrograman web dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 sesuai dengan penerapan yang digunakan di sekolah SMKN 1 Sumenep. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Arief S. Sadiman. Adapun langkah-langkah model pengembangan Arief S. Sadiman yaitu (1) Identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan (3) Perumusan butir-butir materi (4) Perumusan alat pengukur keberhasilan (5) Penulisan naskah media (6) Tes/uji coba (7) Revisi dan (8) Naskah siap produksi. Uji coba produk dilakukan kepada subjek uji coba yang meliputi ahli media ahli materi dan siswa kelas X RPL. Berdasarkan uji coba yang dilakukan menggunakan angket diperoleh hasil 93 2% dari ahli media 84 6% dari ahli materi 86 7% dari uji coba satu lawan satu 88 7% dari uji coba kelompok kecil dan 90 8 dari uji coba lapangan. Rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 88.8% berdasarkan hasil analisis data keseluruhan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pemrograman web dinyatakan layak untuk digunakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46060

Actions (login required)

View Item View Item