Pengembangan sistem informasi administrasi siswa berbasis WEB di SMK TI Indonesia Clobal Ponorogo / Binti Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem informasi administrasi siswa berbasis WEB di SMK TI Indonesia Clobal Ponorogo / Binti Rosyidah

Rosyidah, Binti (2015) Pengembangan sistem informasi administrasi siswa berbasis WEB di SMK TI Indonesia Clobal Ponorogo / Binti Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidah Binti. 2015. Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Siswa Berbasis Web di SMK TI Indonesia Global Ponorogo. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triyanna Widyaningtyas S.T. M.T. Pembimbing (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata kunci Sistem Informasi Administrasi Web SMK TI Indonesia Global Ponorogo Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memicu banyak kalangan untuk mencari alternatif pemecahan masalah dibidang teknologi sistem informasi. Penggunaan komputer sebagai alat bantu menyelesaikan pekerjaan dibidang teknologi sistem informasi yang makin marak dan berkembang disegala bidang.SMK TI Indonesia Global Ponorogo adalah salah satu lembaga pendidikan yang terus berupaya mengikuti perkembangan teknologi informasi. Permasalahan yang dihadapi oleh staff tata usaha (front office) di SMK TI Indonesia Global Ponorogo ialah dalam pencatatan pembayaran administrasi siswa yang dilakukan selama ini menggunakan Ms. Excel dan buku manual sehingga proses saat ini butuh kerja dua kali dalam pencatatannya akan sangat beresiko apabila data-data tersebut hilang dan sulit untuk memberikan informasi secara cepat dan akurat. Tujuan dari pengembangan ini adalah (1) membangun sebuah sistem informasi administrasi siswa di SMK TI Indonesia Global Ponorogo yang terorganisir dan dapat memberikan informasi yang akurat dan (2) menguji kelayakan sistem informasi yang dikembangkan. Proses pengembangan sistem ini menggunakan model pengembangan waterfall yang dikemukakan oleh Sommervile yaitu model pengembangan sistem secara bertahap mulai dari requirements analysis and definition system and software design implementation and unit testing integration and system testing operation and maintenance. Produk yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini adalah perangkat lunak berbasis web yang dapat di akses oleh staff tata usaha kepala tata usaha kepala sekolah dan siswa. Sistem ini menyediakan fitur untuk mengelola administrasi siswa berita acara dan laporan. Sistem informasi yang dikembangkan telah melalui beberapa tahapan validasi dan pengujian yang dilakukan di SMK TI Indonesia Global Ponorogo dengan menggunakan metode black box. Hasil validasi dari masing-masing uji coba yaitu (1) hasil validasi ahli rekayasa perangkat lunak dinyatakan valid secara fungsionalitas (2) hasil uji coba staff tata dinyatakan valid secara fungsionalitas (3) hasil uji coba kepala tata usaha dinyatakan valid secara fungsionalitas (4) hasil uji coba kepala sekolah dinyatakan valid secara fungsionalitas dan (5) hasil uji coba siswa dinyatakan valid secara fungsionalitas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi yang dikembangkan valid secara fungsionalitas dan sudah dapat menghasilkan output yang diharapkan serta layak untuk digunakan untuk pengelolaan data administrasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46059

Actions (login required)

View Item View Item