Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Pengolahan Citra Digitral berbasis proyek untuk siswa kelas XI paket Keahlian Multimedia / Indri Widyarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Pengolahan Citra Digitral berbasis proyek untuk siswa kelas XI paket Keahlian Multimedia / Indri Widyarti

Widyarti, Indri (2015) Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Pengolahan Citra Digitral berbasis proyek untuk siswa kelas XI paket Keahlian Multimedia / Indri Widyarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyarti Indri. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital Berbasis Proyek untuk Siswa Kelas XI Paket Keahlian Multimedia. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata kunci bahan ajar pengolahan citra digital pembelajaran berbasis proyek Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang berbasis karakter dan dalam penerapannya diarahkan pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari SKL (Standar Kompetensi Lulusan). Terdapat mata pelajaran baru pada kurikulum 2013 diantaranya Pengolahan Citra Digital pada kelas XI paket keahlian Multimedia. Dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 siswa kurang memiliki bahan ajar yang dapat digunakan sebagai pendukung dalam pembelajaran secara teori maupun praktik. Kurangnya bahan ajar menjadi permasalahan untuk siswa dapat belajar dengan baik.Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar pengolahan citra digital menggunakan pembelajaran berbasis proyek dengan beberapa bentuk evaluasi untuk siswa. Pembelajaran berbasis proyekdipilih karena sesuai dengan mata pelajaranPengolahan Citra Digital yang menekankan pentingnya kreativitas siswa dan produk yang dihasilkan melalui tugas proyek. Model pengembangan yang digunakan adalahmodel penelitian dan pengembangan Dick and Carey pemilihan model ini dikarenakan prosedurnya lebih cenderung ke sistem pembelajaran. Langkah-langkah tersebutantara lain (1) Mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) Melaksanakan analisis pembelajaran (3) Menganalisis karakteristik siswa (4) Merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) Mengembangkan instrumen penilaian (6) Mengembangkan strategi pembelajaran (7) Memilih dan mengembangkan materi pembelajaran (8) Mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif pembelajaran (9) Merevisi produk pembelajaran (10) Melaksanakan evaluasi sumatif. Evaluasi formatif digunakan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan proses evaluasi formatif dilakukan dengan cara mengisi angket yang telah disediakan. Selanjutnya dilakukan evaluasi sumatif untuk mengetahui efektifitas bahan ajar saat digunakan dalam proses pembelajaran. Proses evaluasi sumatif dilakukan dengan cara mengerjakan soal pre-test dan post-test pada kegiatan belajar 2 yang terdapat pada bahan ajar yang dikembangkan. Subjek uji coba merupakan seluruh siswa kelas XI Paket Keahlian Multimedia di SMK Multimedia Tumpang. Hasil produk yang dikembangkan terdiri dari 9 proyek yang sesuai dengan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. Pada uji coba produk dapat diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Hal ini sesuai dengan hasil pada evaluasi sumatif kegiatan belajar 2 dimana nilai dari 42 siswa Multimedia kelas XI telah tuntas dan berada diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) setelah menggunakan bahan ajar ini. Hasil uji coba perseorangan yang dilakukan oleh 3 reviewer mendapatkan persentase 96 11% lalu pada uji coba kecil yang dilakukan kepada 10 siswa mendapatkan persentase 87 20% dan pada uji coba lapangan pada 31 siswa mendapatkan persentase 88 59%. Setelah melalui revisi dari hasil uji coba tersebut bahan ajar Pengolahan Citra Digital ini dikatakan layak dan dapat digunakan sebagai pedoman siswa dan guru dalam proses pembelajaran Pengolahan Citra Digital kelas XI pada semester 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46055

Actions (login required)

View Item View Item