Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash pada materi pokok protokol jaringan untuk siswa kelas X Jurusan Multimedia di SMK Negeri 2 Blitar dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa / Ahmad Bagus Perkasa

Perkasa, Ahmad Bagus (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash pada materi pokok protokol jaringan untuk siswa kelas X Jurusan Multimedia di SMK Negeri 2 Blitar dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa / Ahmad Bagus Perkasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Perkasa, Ahmad Bagus. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash pada Materi pokok Protokol Jaringan untuk siswa kelas X Jurusan Multimedia di SMK Negeri 2 Blitar Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Hary Suswanto, M.T. Pembimbing (II) Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom. Kata kunci: Pembelajaran, Multimedia, Interaktif, Flash, dan Hasil Belajar Materi pokok protokol jaringan merupakan salah satu materi pokok yang ada pada mata pelajaran Jaringan Dasar. Berdasarkan kurikulum 2013 mata pelajaran Jaringan Dasar merupakan salah satu mata pelajaran dasar wajib untuk siswa kelas X SMK Jurusan Multimedia, termasuk di SMK Negeri 2 Blitar. Pencapaian siswa pada materi ini sangat penting, karena materi ini akan menjadi dasar bagi siswa untuk melangkah ke materi lain dengan tahapan yang lebih kompleks. Berdasarkan dokumen yang diperoleh dari Kepala Program Keahlian Multimedia menunjukkan bahwa saat ini hasil pencapaian belajar siswa masih berada di bawah target yang diberikan dari sekolah. Salah satu faktor utama yang menyebabkan kurang tercapainya sasaran pembelajaran di kelas X jurusan Multimedia di SMK Negeri 2 Blitar adalah ketersediaan alat dan keterbatasan kemampuan akses sumber belajar siswa. Kemudian pernyataan tersebut didukung dari data analisis hasil evaluasi belajar siswa yang didapatkan dari salah satu nilai evaluasi pada mata pelajaran Jaringan Dasar. Berdasarkan latar belakang tersebut dilakukan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Flash pada materi pokok protokol jaringan untuk siswa kelas X jurusan Multimedia di SMK Negeri 2 Blitar dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangannya adalah: 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan produk, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Subyek analisis kebutuhan pada pengembangan multimedia pembelajaran ini adalah siswa kelas X jurusan Multimedia di SMKN 2 Blitar. Kemudian untuk pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk data validasi oleh ahli media, ahli materi, dan siswa. Tes digunakan pada proses pre test dan post test untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data hasil pengembangan dan implementasi maka didapatkan validitas dari ahli media dan materi dengan rata-rata 97,92%. Kemudian dari hasil uji skala kecil didapatkan nilai validitas sebesar 94,05%, dan dari hasil uji skala luas didapatkan nilai validitas sebesar 89,86%. Selanjutnya hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar, yang pada awalnya masih berada di bawah 85%, setelah menggunakan multimedia yang dikembangkan sekarang menjadi 97,5%. Berdasarkan hasil penilaian dan hasil ketuntasan belajar tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Blitar, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46050

Actions (login required)

View Item View Item