Pengembangan media pembelajaran pemrograman web dinamis untuk siswa kelas XI Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak / Risqi Adi Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran pemrograman web dinamis untuk siswa kelas XI Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak / Risqi Adi Pratama

Pratama, Risqi Adi (2015) Pengembangan media pembelajaran pemrograman web dinamis untuk siswa kelas XI Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak / Risqi Adi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adi Risqi Pratama. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Pemrograman Web Dinamis Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembinbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) M. Rodhi Faiz S.T. M.T. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Pemrograman Web Dinamis Media Pembelajaran adalah semua alat bantu atau benda yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud menyampaikan pesan pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada penerima (anak didik). Pesan yang disampaikan melalui media dalam bentuk isi atau materi pengajaran itu harus dapat diterima oleh penerima pesan (anak didik) dengan menggunakan salah satu ataupun gabungan beberapa alat indera mereka. Salah satunya dalam mata pelajaran Pemrograman Web Dinamis pembelajaran yang dilaksanakan masih menggunakan slide power point dan pdf dan belum memenuhi 7 prinsip dalam pembelajaran. Dengan demikian perlu dikembangkan media pembelajaran pemrograman web dinamis. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Sadiman (2012). Langkah-langkah pengembangan menurut Sadiman (2012) terdiri dari 8 langkah yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan pembelajaran (3) perumusan butir-butir mater (4) perumusan alat ukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) uji coba (7) revisi (8) naskah siap diproduksi dan dimanfaatkan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan angket validasi berdasarkan Richard E Mayer (2009) kepada ahli materi ahli media dan siswa. Hasil pengembangan media pembelajaran berdasarkan ahli materi mendapatkan persentase sebesar 95 45 % dan ahli media sebesar 96 78 %. Uji coba perorangan mendapatkan persentase 80 71 % uji coba kelompok kecil sebesar 82 63 % dan pada uji coba lapangan mendapatkan persentase sebesar 84 25 %. Berdasarkan hasil pengujian maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran secara keseluruhan dapat dinyatakan layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46048

Actions (login required)

View Item View Item