Pengembangan media berbasis mobile pada mata pelajaran basis data untuk siswa kelas XI di SMK Negeri 8 Malang / Muhammad Luqman Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media berbasis mobile pada mata pelajaran basis data untuk siswa kelas XI di SMK Negeri 8 Malang / Muhammad Luqman Hakim

Hakim, Muhammad Luqman (2015) Pengembangan media berbasis mobile pada mata pelajaran basis data untuk siswa kelas XI di SMK Negeri 8 Malang / Muhammad Luqman Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Luqman Hakim Muhammad. 2015.Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobilepada Mata Pelajaran Basis Data untuk Siswa Kelas XI di SMK Negeri 8Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. (II) Utomo Pujianto S.Kom. M.Kom. Kata Kunci Android media pembelajaran basis data Salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting di kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah Basis Data. Berdasarkan hasil wawancara dan analisis dokumen yang dilakukan di SMK Negeri 8 Malang didapatkan bahwa 12 dari 30 siswa kelas RPL tahun ajaran 2013/2014 dinyatakan mendapat nilai di bawah ketuntasan minimal.Tujuan dari penelitian ini adalah Menghasilkan media pembelajaran berbasis mobile pada mata pelajaran basis data untuk siswa kelas XI di SMK Negeri 8Malang yang layak/valid menurut kriteria kelayakan media pembelajaran. Tahapan penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahapan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation dan (5) evaluation. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket kuisioner yang disebarkan kepada dua ahli media ahli materi uji coba perorangan dengan 3 orang siswa uji coba kelompok kecil dengan 10 orang siswa dan uji coba lapangan dengan 25 orang siswa. Data yang diperoleh berupa data kualitatif hasil wawancara sebagai data awal dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penskoran yang kemudian diterjemahkan kevalidanya. Produk media pembelajaran berbasis android ini menggunakan intel XDKdan bahasa pemrograman javascript dan html5. Dalam penelitian ini media pembelajaran berbasis mobile dapat diunduh di repository githubatau langsung menyebarkannya pada siswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil persentase dari ahli media sebesar 91% ahli materi sebesar 82% uji coba perorangan sebesar 96% uji coba kelompok kecil sebesar 91 % dan uji coba kelompok besar sebesar 90%. Sehingga didapatkan hasil rata-rata sebesar 88% dengan kelayakan valid dari batas minimal persentase validitas 76%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa aplikasi media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media belajar siswa mandiri ataupun suplemen pembelajaran kelas. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46047

Actions (login required)

View Item View Item