Pengembangan buku ajar pada materi Perawatan dan Perbaikan Komputer Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika / Aliffian Ranum Herliantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar pada materi Perawatan dan Perbaikan Komputer Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika / Aliffian Ranum Herliantika

Herliantika, Aliffian Ranum (2015) Pengembangan buku ajar pada materi Perawatan dan Perbaikan Komputer Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika / Aliffian Ranum Herliantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herliantika Aliffian Ranum. 2015. Pengembangan Buku Ajar Pada Materi Perawatan Dan Perbaikan Komputer Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) M. JauharulFuady S.T. M.T. Kata kunci pengembangan buku ajar perawatan dan perbaikan komputer Di program studi Pendidikan Teknik Informatika masih banyak mahasiswa yang tidak belajar untuk materi yang dilaksanakan besok dan masih banyak mahasiswa yang kesehariaannya hanya mengandalkan dosen yang berbicara didepan ruangan kemudian meng-copy file yang telah diajarkannya. Setelah itu mahasiswa hanya belajar melalui file yang di-copy tersebut. Pada waktu nilai ulangan harian keluar hasilnya hanya nilai yang standar yaitu 70-85 saja. Maka dari itu untuk memecahkan masalah tersebut dibutuhkan sebuah buku ajar dalam program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika mahasiswa hanya mengandalkan materi digital yang diberikan dari dosen. Akhirnya pemikiran mahasiswa terlalu pendek dalam persoalan yang menjawab soal. Apalagi dalam perawatan komputer (PC) masih banyak mahasiswa pendidikan teknik informatika belum mengetahui detail cara perawatan komputer (PC) yang benar. Bahkan dalam memperbaiki komputer yang benar. Ada juga mahasiswa teknik informatika masih menyuruh servis komputer ke orang lain dengan biaya yang sangat mahal. Mahasiswa akhirnya menyuruh orang lain dalam memperbaiki komputer lebih baik mempelajarinya sendiri dengan memakai buku ajar yang saya buat tentang perawatan dan perbaikan komputer di progran studi pendidikan teknik informatika. Buku ini Anda bisa mempratekkan sendiri cara perbaikan komputer(PC) dan perawatan komputer(PC) yang baik dan benar. Model pengembangan yang digunakan dalam skripsi ini adalah model pengembangan Borg Gall dengan langkah penelitian dan pengumpulan data merencanakan produk pengembangan produk awal validasi produk oleh ahli media dan materi revisi hasil validasi uji coba lapangan terbatas revisi hasil uji coba produk uji coba lapangan dan revisi produk. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang diperoleh dari validasi dan pengujian dan data kualitatif yang diperoleh dari saran subjek. Produk yang dikembangkan berupa buku ajar. Isi buku ajar terdiri dari cover buku kata pengantar daftar isi petunjuk umum judul bab peta konsep SK-KD materi rangkuman dan soal dengan struktur isi penulisan buku ajar. Hasil validasi ahli media mendapat persentase sebesar 86 11% yang artinya produk yang dikembangkan dari segi desain layak dan valid tanpa revisi. Hasil validasi ahli materi mendapat persentase sebesar 85 5% yang artinya produk yang dikembangkan dari segi isi materi layak dan valid tanpa revisi. Hasil validasi ahli kelompok kecil mendapat persentase sebesar 80% yang artinya produk buku ajar secara keseluruhan mudah digunakan dan bermanfaat bagi mahasiswa. Hasil validasi ahli kelompok besar mendapat persentase sebesar 80 64% yang artinya produk buku ajar secara keseluruhan mudah digunakan dan bermanfaat bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46045

Actions (login required)

View Item View Item