Pengembangan bahan ajar berbasis web dengan model project based learning pada mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak untuk siswa SMK kelas XII di SMK Negeri 4 malang / Faiz Al-Qurni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis web dengan model project based learning pada mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak untuk siswa SMK kelas XII di SMK Negeri 4 malang / Faiz Al-Qurni

Al-Qurni, Faiz (2015) Pengembangan bahan ajar berbasis web dengan model project based learning pada mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak untuk siswa SMK kelas XII di SMK Negeri 4 malang / Faiz Al-Qurni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al-Qurni Faiz. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Dengan Model Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak Untuk Siswa SMK Kelas XII Di SMK Negeri 4 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. dan pembimbing (2) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Kata Kunci Bahan Ajar Web Pemrograman Perangkat Bergerak Mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak merupakan mata pelajaran produktif baru pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Negeri 4 Malang yang diajarkan dalam kurun waktu dua semester. Pada penerapanya mata pelajaran ini hanya diajarkan selama satu semester karena peserta didik diharuskan mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada satu semester awal. Selain itu bahan ajar untuk mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak belum tersedia di SMK Negeri 4 Malang. Kurangnya waktu belajar dan tidak adanya bahan ajar membuat peserta didik tidak dapat belajar dengan optimal. Oleh karena itu dibutuhkan bahan ajar yang mampu membantu guru maupun peserta didik agar dapat berinteraksi sehingga pembelajaran tetap berjalan dengan optimal. Bahan ajar berbasis web mampu memenuhi kebutuhan proses belajar yang terkendala jarak dan waktu. Bahan ajar juga terintegrasi dengan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bahan ajar membuat bahan ajar berbasis web dan mengetahui kelayakan bahan ajar untuk mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg dan Gall. Model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall terdiri dari 10 langkah utama. Langkah-langkah model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall adalah (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji coba tahap awal (5) revisi produk utama (6) uji coba utama (7) revisi produk operasional (8) uji coba operasional (9) revisi produk akhir dan (10) diseminasi dan implementasi. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase kelayakan 94 11% dan hasil validasi ahli materi adalah 96 42%.Dari hasil uji coba perseorangan diperoleh persentase sebesar 82 57% uji coba kelompok kecil sebesar 87 61% dan uji coba kelompok besar sebesar 89 63%.Rata-rata persentase kelayakan secara keseluruhan adalah 90 56%.Berdasarkan kriteria kelayakan menurut Akbar dan Sriwiyana (2011) secara keseluruhan produk bahan ajar berbasis web ini dinyatakan sangat layak dan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46043

Actions (login required)

View Item View Item