Pengembangan media pembelajaran menggunakan model project based learning pada pata pelajaran Desain Multimedia kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 12 Malang / Zufida Kharirotul Umma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran menggunakan model project based learning pada pata pelajaran Desain Multimedia kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 12 Malang / Zufida Kharirotul Umma

Umma, Zufida Kharirotul (2015) Pengembangan media pembelajaran menggunakan model project based learning pada pata pelajaran Desain Multimedia kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 12 Malang / Zufida Kharirotul Umma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Umma ZufidaKharirotul. 2015.Pengembangan Media PembelajaranMenggunakan Model Project Based Learning Pada Mata PelajaranDesain Multimedia Kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi. Program StudiPendidikanTeknikInformatika JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H.SyaadPatmanthara M.Pd. (2) DilaUmniaSoraya S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran SMK Media PembelajaranFlash Project Based Learning Desain Multimedia Matapelajaran Desain Multimedia merupakan salah satu matapelajaran mendasardanberkaitanpentingdenganmatapelajaran lainpada kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMKNegeri12 Malang.SMK Negeri 12 Malang menerapkanmatapelajaranDesain Multimedia dengan model pembelajaranproyektanpalangkah-langkahpembelajarankhusus.Selainitu siswabelummemahamisecarabenarteoripadakompetensidasarTeoriWarnadanDesaindalammatapelajaranDesain Multimedia.Siswahanyamemperolehmateridari guru tanpamedia pendampingbelajarsehinggasiswakesulitandalammemahamimateri danseringmengerjakantugasproyekhanyasesuaikeinginan.Guru jugamemerlukan media pembelajaran yang mendukungdansesuaidenganmatapelajaranDesain Multimedia sehingga proses belajarmengajarmenjadilebihmudahdanmenarik. Olehkarenaitu media pembelajaran flashuntukmatapelajaranDesain Multimedia dengan model pembelajaranProject Based Learning sangatdiperlukan sehinggamembantu guru dansiswa menciptakansuasanabelajarmengajar yang mudahdanmenarik. Penelitianinibertujuanuntukmerancang membuat danmengetahuikelayakanmedia pembelajarandenganflashmenggunakan model ProjectBased Learninguntuk mata pelajaran Desain Multimedia.Modelpenelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitianyaknimodel pengembangan Borg and Gall.Langkah-langkah dalam model pengembangan Borg and Gall antara lain (1) penelitiandanpengumpulaninformasi (2) perencanaan (3) pengembanganprodukawal (4) ujicobatahapawal (5)revisiprodukutama (6) ujicobautama (7) revisiprodukoperasional (8) Ujicobaoperasional (9) revisiprodukakhir dan (10) diseminasidanimplementasi. Hasilvalidasiahlimaterimemperolehpersentasekelayakan 93 52% hasilvalidasipertamaahlimedia 71 29% hasilvalidasikeduaahli media 96 43%. Hasilujicobaperoranganmemperolehpersentase78 3% ujicobakelompokkecil87 3% danujicobakelompokbesar92 4%. Rata-rata persentasekelayakansecarakeseluruhanadalah 89 59% berdasarkankriteriakelayakanmenurutSudjana (1992) secarakeseluruhanproduk media pembelajarandinyatakan valid dan tanparevisi .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46042

Actions (login required)

View Item View Item