Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman desktop kelas XI RPL SMKN 2 Singosari / Silvia Wahyuningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman desktop kelas XI RPL SMKN 2 Singosari / Silvia Wahyuningrum

Wahyuningrum, Silvia (2015) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman desktop kelas XI RPL SMKN 2 Singosari / Silvia Wahyuningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahynuningrum Silvia. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI RPL SMKN 2 Singosari. Skripsi. Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti G.I M.Kom. (II) Drs. Hari Putranto Kata Kunci Model Pembelajaran Berbasis Proyek Aktivitas Siswa Hasil Belajar Pemrograman Desktop Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan selama PPL di kelas XI RPL 1 SMK Negeri 2 Singosari saat proses pembelajaran berlangsung terdapat beberapa permasalahan pada mata pelajaran Pemrograman Desktop. Siswa memiliki aktivitas belajar yang rendah dan hasil belajar yang tidak memenuhi KKM. Dari 31 siswa dalam satu kelas siswa yang tidak mengamati apa yang dijelaskan oleh guru sebanyak 57% sebanyak 56% siswa tidak pernah mengemukakan pendapat ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya. Rata-rata aktivitas siswa rendah yaitu 52%. Sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang kurang optimal yaitu dari 31 siswa 54% siswa sebanyak 17 siswa nilainya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Untuk mengatasi masalah tersebut solusi yang ditawarkan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Model Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan pendekatan pembelajaran yang membutuhkan suatu pembelajaran komperehensif dimana lingkungan siswa (kelas) direncanakan agar siswa dapat melakukan penyelidikan terhadap masalah autentik termasuk pendalaman materi suatu pembelajaran dan melaksanakan tugas bermakna lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Desktop. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis Mc Taggart. Tahapan model pembelajaran berbasis proyek terdiri dari perencanaan penciptaan dan penerapan. Subjek penelitian ini adalah kelas XI RPL di SMKN 2 Singosari yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes angket dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek siswa memiliki rata-rata aktivitas sebesar 77 76 pada siklus I dan sebesar 83 95 pada siklus II. Hasil belajar pada aspek pengetahuan memiliki rata-rata 76 06 pada siklus I dan 85 19 pada siklus II dengan ketuntasan 100%. Hasil belajar aspek sikap memiliki rata-rata sebesar 73 73 pada siklus I dan 83 10 pada siklus II. Hasil belajar aspek keterampilan memiliki rata-rata sebesar 81 50 pada siklus I dan 88 24 pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI RPL 1 SMKN 2 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46035

Actions (login required)

View Item View Item