Implementasi kurikulum 2013 dan relevansinya dengan pelaksanaan proses pembelajaran bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi di SMKN 1 Bondowoso / Qoimatul Adilah

Adilah, Qoimatul (2015) Implementasi kurikulum 2013 dan relevansinya dengan pelaksanaan proses pembelajaran bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi di SMKN 1 Bondowoso / Qoimatul Adilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adilah, Q. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 dan Relevansinya dengan Pelaksanaan ProsesPembelajaran Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMKN 1 Bondowoso. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, M.T, (II) Drs. Hari Putranto. Kata Kunci :implementasi, Kurikulum 2013, proses pembelajaran, TIK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menetapkan pemberlakuan kurikulum baru mulai tahun ajaran 2013/2014 yang disebut dengan Kurikulum 2013. Namun, pada akhir tahun ajaran 2014/2015 kurikulum tersebut terpaksa harus diberhentikan sementara karena dinilai belum siap untuk diterapkan. Pelaksanaan Kurikulum 2013 dihentikan bagi sekolah-sekolah yang belum menerapkannya selama tiga semester. Sementara bagi yang sudah diatas tiga semester menerapkan Kurikulum 2013, maka sekolah tersebut akan tetap menggunakannya dan dijadikan percontohan bagi sekolah-sekolah lain. SMKN 1 Bondowoso merupakan salah satu jenjang Sekolah Menengah Kejuruan di Bondowoso yang telah menerapkan Kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013/2014. Observasi awal yang dilakukan di Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso menginformasikan bahwa implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Bondowoso telah dilaksanakan secara terbatas sejak awal tahun ajaran 2013/2014. Untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan, implementasi Kurikulum 2013 baru dilaksanakan di 3 sekolah, yakni SMKN 1 Bondowoso dan SMKN 2 Bondowoso yang pelaksanaannya terbatas pada kelas X dan XI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 di SMKN 1 Bondowoso, yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013, (2) pelaksanaan proses pembelajaran berbasis Kurikulum 2013, (3) penilaian hasil dan proses pembelajaran berbasis Kurikulum 2013, (4) kendala yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum 2013, dan (5) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam penerapan Kurikulum 2013 di SMKN 1. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini berlokasi di SMKN 1 Bondowoso yang mana subjek penelitiannya meliputi kepala sekolah, wakil kepala (waka) bagian kurikulum, guru, dan siswa SMKN 1 Bondowoso. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran di SMKN 1 Bondowoso ditinjau dari aspek perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran,dapat dikatakan sudah terlaksana dengan cukup baik dan cukup sesuai dengan Standar Proses Pendidikan berbasis Kurikulum 2013. Namun, pada aspek penilaian, masih kurang terlaksana dengan baik, karena hampir semua guru masih belum melakukan penilaian pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46029

Actions (login required)

View Item View Item