Pengembangan sistem informasi alumni berbasis web di SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Eka Nur Ahmad Romadhoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem informasi alumni berbasis web di SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Eka Nur Ahmad Romadhoni

Romadhoni, Eka Nur Ahmad (2015) Pengembangan sistem informasi alumni berbasis web di SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Eka Nur Ahmad Romadhoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Romadhoni Eka Nur Ahmad.2015.Pengembangan Sistem Informasi Alumni Berbasis Web di SMKN 1 Jenangan Ponorogo.Skripsi.Teknik Elektro.Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang.Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Utomo Pujianto S.Kom. M.Kom. Kata Kunci Sistem Informasi Alumni Waterfall SMK Negeri 1 Jenangan adalah salah satu sekolah menengah kejuruan di bawah naungan Dinas Pendidikan Ponorogo. SMK Negeri 1 Jenangan melakukan kerja samadengan berbagai instansi terkait dengan keterserapan lulusannya di dunia industri.Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan kepada Bapak. Drs. Mustadjab pihak sekolah kesulitan menghimpun data keterserapan alumni di dunia industri. Permasalahan tersebut mengakibatkan pihak sekolah tidak memiliki data total keterserapan alumni di dunia industri. Selain itu pihak sekolah berharap sistem informasi terintegrasi dengan pendaftaran lowongan kerja. Sehingga alumni yang berada di luar kota dapat mendaftar lowongan kerja tanpa harus datang ke sekolah. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan sistem informasi alumniberbasis webyang layak diimplementasikan di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Model pengembangan sistem informasi yang digunakan ialah model Waterfall. Dalam model waterfallproses pengembangan melalui 4 tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan (2) desain sistem dan perangkat lunak (3) implementasi dan (4) pengujian produk.Sisteminformasi alumnidibuat dengan framework CodeIgniter sebagai kerangka kerja bahasa pemrograman PHP CSS HTML dan Javascript sebagai bahasa client-side dan MySQL sebagai platform basis data. Pengujian terhadap sistem informasi alumniialah pengujian fungsionalitas dan usabilitas. Pengujian fungsionalitas berfungsi mengetahui kelayakan sistem informasi alumniberdasarkan kebutuhan fungsionalitas. Pengujian fungsionalitas menggunakan metode black-box. Sedangkan pengujian usabilitas berfungsi untuk menguji tingkat kemudahan penggunaan sistem. Aspek yang diuji pada pengujian usabilitas ialah (1) aspek learnability (2) aspek efisiensi (3) aspek memorability (4) aspek error dan (5) aspek satisfaction. Pengujian dilakukan kepada ahli sistem informasi petugas administrator dan alumni. Berdasarkan pengujian fungsionalitas oleh ahli sistem informasi petugas administrator dan alumni mendapatkan persentase 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi alumnitelah memenuhi kebutuhan fungsional. Pada pengujian usabilitas persentase hasil uji coba oleh ahli sistem informasi ialah 97 22%. Hasil uji coba usabilitas oleh petugas administrator ialah 93 06%. Hasil uji coba usabilitas oleh alumni ialah 92 82%. Berdasarkan hasil uji coba usabilitas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi alumnitermasuk dalam kategori mudah digunakan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46028

Actions (login required)

View Item View Item