Hubungan antara persepsi orang tua, harapan masuk, dan persepsi terhadap lulusan dengan minat masuk SMK Program Studi Keahlian TIK bagi siswa SMP di Kabupaten Tulungagung / Salwa Ika Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi orang tua, harapan masuk, dan persepsi terhadap lulusan dengan minat masuk SMK Program Studi Keahlian TIK bagi siswa SMP di Kabupaten Tulungagung / Salwa Ika Wulandari

Wulandari, Salwa Ika (2015) Hubungan antara persepsi orang tua, harapan masuk, dan persepsi terhadap lulusan dengan minat masuk SMK Program Studi Keahlian TIK bagi siswa SMP di Kabupaten Tulungagung / Salwa Ika Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulandari Salwa Ika. 2015. Hubungan Antara Persepsi Orang Tua HarapanMasuk dan Persepsi terhadap Lulusandengan Minat Masuk SMK Program Studi Keahlian TIK Bagi Siswa SMP di Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Setiadi C. P. M.Pd. M.T. (II) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci persepsi orang tua harapan masuk persepsiterhadap lulusan dan minat masuk SMKprogram studi keahlian TIK Saat ini pemerintah memiliki kebijakan untuk menambah jumlah SMK di Indonesia. Hal inibertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran di kalangan lulusan sekolah. Terdapat banyak program studi yang disediakan di SMK salah satunya adalah program studi keahlian TIKyang mempelajari ilmu tentang komputer. Ilmu komputer sangat bermanfaat karenadapat langsung diimplementasikan di berbagaisektor kerja. Akan tetapi masih banyak siswa yang kurang memiliki minatmasuk SMK program studi keahlian TIK (Y) sehingga secara tidak langsung akan menghambat rencana pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran.Ada banyak faktor yang mempengaruhi minat siswa tersebut di antaranya adalah persepsi orang tua (X1) harapan masuk (X2) danpersepsi terhadap lulusan (X3).Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengungkap (1) signifikansi hubungan antara X1 dengan Y (2) signifikansi hubungan antara X2 dengan Y (3) signifikansi hubungan antara X3 dengan Y (4) signifikansi hubungan antara X1 dan X2 dengan Y (5) signifikansi hubungan antara X2 dan X3 dengan Y (6) signifikansi hubungan antara X1 dan X3 dengan Y (7) signifikansi hubungan antara X1 X2 dan X3 dengan Y. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatifmenggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasipenelitian ini adalah siswa kelas IX SMP di Kabupaten Tulungagung. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposivedan proportional random samplingsehingga diperoleh 347 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan korelasi parsial dan analisis regresi ganda dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X3 dengan Y (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dan X3 dengan Y (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X3 dengan Y (7) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 X2 dan X3 dengan Y. Secara simultanX1 X2 dan X3memberikan kontribusi 59 6% terhadap Y sedangkan 40 4% lainnya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sumbangan relatif X1 terhadap Y sebesar 16 64% X2 terhadap Y sebesar 40 71% dan X2 terhadap Y sebesar 42 65%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46027

Actions (login required)

View Item View Item