Pengembangan modul mata pelajaran komunikasi data kelas XI semester 1 untuk Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan / Halimahtus Mukminna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul mata pelajaran komunikasi data kelas XI semester 1 untuk Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan / Halimahtus Mukminna

Mukminna, Halimahtus (2015) Pengembangan modul mata pelajaran komunikasi data kelas XI semester 1 untuk Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan / Halimahtus Mukminna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukminna Halimahtus. 2015. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Komunikasi Data Kelas XI Semester 1 untuk Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muladi S.T. M.T. (II) Drs. Slamet Wibawanto M.T. Kata Kunci bahan ajar modul komunikasi data TKJ Pada tahap awal implementasi Kurikulum 2013 menemui banyak kendala salah satunya belum tersedia bahan ajar secara resmi dari pemerintah. Salah satu bahan ajar mata pelajaran produktif TKJ yang belum tersedia adalah bahan ajar Komunikasi Data. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan bahan ajar yang disusun secara sistematis utuh mudah dipahami peserta didik untuk belajar mandiri sesuai tuntutan Kurikulum 2013. Bahan ajar yang dimaksud adalah modul cetak karena modul dianggap lebih sesuai sebagai pedoman mengajar guru. Tujuan dari pengembangan ini adalah menyediakan modul menguji kelayakan modul dan menguji efektifitas modul mata pelajaran Komunikasi Data Kelas XI Semester 1 untuk Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Dick dan Carey yang terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut mengidentifikasi tujuan pembelajaran melakukan analisis pembelajaran mengidentifikasi perilaku dan karakteristik merumuskan tujuan pembelajaran mengembangkan butir tes acuan patokan mengembangkan strategi pembelajaran mengembangkan bahan ajar merancang dan melakukan uji coba formatif revisi bahan ajar dan melaksanakan uji coba sumatif. Modul yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini yaitu modul pegangan guru dan modul pegangan siswa.Modul yang dikembangkan telah melalui dua tahapan uji coba yaitu uji coba formatif (uji perseorangan uji kelompok kecil dan uji lapangan) dan uji coba sumatif yang dilakukan di SMKN 11 Malang Program Keahlian TKJ. Hasil uji coba formatif pada masing-masing tahapan yaitu hasil uji coba perseorangan ahli materi sebesar 99 3% hasil uji coba perseorangan ahli media sebesar 97 1% hasil uji coba kelompok kecil sebesar 86 1% dan hasil uji coba lapangan sebesar 84 7%. Sedangkan hasil uji coba sumatif yang diperoleh dari penilaian spiritual afektif kognitif dan psikomotorik diperoleh rata-rata nilai siswa satu kelas adalah 93. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul Komunikasi Data yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran mata pelajaran Komunikasi Data Kelas XI Semester 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46025

Actions (login required)

View Item View Item