Pengembangan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Basis Data untuk siswa kelas XI RPL SMK Negeri 5 Malang / Tofa Suriawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Basis Data untuk siswa kelas XI RPL SMK Negeri 5 Malang / Tofa Suriawan

Suriawan, Tofa (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Basis Data untuk siswa kelas XI RPL SMK Negeri 5 Malang / Tofa Suriawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suriawan Tofa. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Webpada Mata Pelajaran Basis Data untuk Siswa Kelas XI RPL SMK Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata kunci media pembelajaran basis data web Basis Data adalah salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 5 Malang. Mata pelajaran ini memiliki alokasi waktu 4 jam pelajaran per minggu. Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 5 Malang pembelajaran Basis Data menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Materi Basis Data disampaikan oleh guru menggunakan media pembelajaran yang standar seperti PowerPointkemudian memberikan jobsheetkepada siswa dengan materi yang terbatas. Selain itu materi yang diajarkan cukup banyak sehingga guru kesulitan ketika menyampaikan semua materi. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang dapat digunakan siswa sebagai alat bantu belajar di kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Basis Data berbasis web. Media pembelajaran ini memuat materi Basis Data yang diajarkan di kelas XI dalam bentuk deskripsi simulasi dan evaluasi. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran yang dihasilkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono. Adapun prosedur pengembangan ini adalah (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi massal. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah dosen sebagai ahli media dan ahli materi guru sebagai ahli materi dan siswa RPL SMK Negeri 5 Malang. Instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari tiga jenis berdasarkan responden yaitu angket untuk ahli media angket untuk ahli materi dan angket untuksiswa. Data hasil uji coba dianalisis dengan menggunakan kriteria validitas analisis persentase. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis web pada Mata Pelajaran Basis Data untuk siswa kelas XI RPL. Berdasarkan hasil uji kelayakan dari ahli media diperoleh persentase sebesar 98% validasi ahli materi sebesar 92 65% uji coba satu lawan satu sebesar 84 33% uji coba kelompok kecil sebesar 88 87% dan uji coba lapangan sebesar 87 33%. Rata-rata persentase kelayakan media pembelajaran secara keseluruhan adalah 90 24%. Berdasarkan kriteria kelayakan menurut Akbar dan Sriwiyana (2011 207) media pembelajaran dapat dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46018

Actions (login required)

View Item View Item