Perbedaan hasil belajar mata pelajaran sistem komputer menggunakan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan model pembelajaran PBL (Project Based Learning) siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Multimedia di SMK Nasional Malang /

Prasetyo, Indra Nur Maulana Tri (2015) Perbedaan hasil belajar mata pelajaran sistem komputer menggunakan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan model pembelajaran PBL (Project Based Learning) siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Multimedia di SMK Nasional Malang /. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasetyo, Indra Nur Maulana Tri.2015. Perbedaan Hasil Belajar MataPelajaran Sistem Komputer Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division)Dan Model Pembelajaran PBL(Project Based Learning) Siswa Kelas X JurusanTeknik Komputer Jaringandan Multimedia Di SMK Nasional Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata Kunci:Kooperatif tipe STAD,PBL (Project Based Learning), Sistem Komputer, Hasil Belajar Seiring dengan implementasi kurikulum 2013, eksistensi guru dituntut dan diharapkan memiliki kompetensi yang multifungsional dalam mengembangkan desain pembelajarannya untuk menghasilkan peserta didik yang mumpuni baik dibidang sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Oleh karena itu, untuk pembelajaran siswa sesuai dengan cara gaya belajar mereka sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal ada berbagai model pembelajaran. Salah satu model tersebut adalah model pembelajaran berbasis proyek (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah(1) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran sistem komputer dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan model pembelajaran PBL, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan matapelajaran sistem komputermenggunakan model PBL dan model pembelajaranSTAD. Rancanganpenelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif eksperimental semu (quasi), dengan variabel bebas, yakni pembelajaran dengan media pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan matapelajaran sistem komputer.Penelitianini menggunakan bentuk Non-equivalent Control Group Design. Kelas Eksperimen menggunakan model pembelajaran STAD sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran PBL. Populasipenelitiansiswa kelas X TKJ, X MM 1, X MM 2, dan X RPLtahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 104 siswa. Sampel padapenelitian ini yaitu kelas X TKJsebagai kelas eksperimendan kelas X MM 1 sebagai kelas kontrol, sebanyak 56 siswa. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh kesimpulan yaitu: (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model PBL, (2) tedapat perbedaan yang signifikan hasil belajar ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan antara model pembelajaran STAD dan model PBL pada matapelajaran sistem komputer pada jurusan TKJ dan MM di SMK Nasional Malang.Model pembelajaran STADlebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46016

Actions (login required)

View Item View Item