Pengembangan bahan ajar mata pelajaran pemrograman berorientasi objek kelas XI untuk siswa SMK kurikulum 2013 / Aril Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata pelajaran pemrograman berorientasi objek kelas XI untuk siswa SMK kurikulum 2013 / Aril Kurniawati

Kurniawati, Aril (2015) Pengembangan bahan ajar mata pelajaran pemrograman berorientasi objek kelas XI untuk siswa SMK kurikulum 2013 / Aril Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniawati Aril. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Matapelajaran Pemrograman Berorientasi Objek kelas XI untuk Siswa SMK Kurikulum 2013. Skripsi. Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T (II) Heru Wahyu Herwanto S.T M.Kom Kata Kunci Bahan Ajar Kurikulum 2013 Pemrograman Berorientasi Objek Permasalahan yang terjadi pada bahan ajar kurikulum 2013 untuk matapelajaran Pemrograman Berorientasi Objek pada SMK adalah buku yang sudah tersedia masih bersifat buku teks sehingga kepadatan materi yang disajikan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik SMK. Salah satu solusi dari permasalahan yang terurai adalah menyediakan bahan ajar yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran pada kurikulum 2013 sehingga penyajian materi pada bahan ajar disesuaikan dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran pendekatan saintifik. Bahan ajar yang dikembangkan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah disesuaikan yaitu (1)research and information collecting (2)planning (3) develop preliminary form of product (4)preliminary field testing (5)main product revision (6)main field testing (7)operational product revision. Tahap operational field testing final product revision dan dissemination and implementation tidak dilaksanakan dengan beberapa pertimbangan. Subjek ujicoba bahan ajar adalah siswa SMK Kelas XI jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) di SMKN 2 Singosari . Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk angket yang diadopsi dari BSNP 2014 dan dibedakan untuk reviewer dan siswa. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa struktur isi bahan ajar pada matapelajaran Pemrograman Berorientasi Objek untuk siswa SMK kelas XI sesuai dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran pendekatan saintifik sehingga dapat memenuhi kebutuhan siswa kurikulum 2013. Hasil analisis data dari tahap review telah dilakukan revisi berdasarkan kritik dan saran dari reviewer sedangkan hasil dari tahap uji coba telah dilakukan revisi pada aspek kelayakan kegrafikan dan penyajian. Berdasarkan hasil analisis data angket dari aspek kelayakan isi penyajian bahasa dan kegrafikan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46010

Actions (login required)

View Item View Item