Perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran think pair share dan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran instalasi perangkat jaringan lokal siswa multimedia kelas X di SMK N 2 Singosari / Akhmad Arif Budiarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran think pair share dan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran instalasi perangkat jaringan lokal siswa multimedia kelas X di SMK N 2 Singosari / Akhmad Arif Budiarto

Budiarto, Akhmad Arif (2015) Perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran think pair share dan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran instalasi perangkat jaringan lokal siswa multimedia kelas X di SMK N 2 Singosari / Akhmad Arif Budiarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Budiarto Akhmad Arif. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Mata Pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan Lokal Siswa Multimedia Kelas X Di SMK N 2 Singosari. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci Hasil belajar Think Pair Share Mind Mapping Jaringan. 12288 12288 12288 12288 Dalam pembelajaran Instalasi Perangkat Jaringan Lokal di SMK N 2 Singosari terdapat beberapa permasalahan yang terjadi. Permasalahan tersebut antara lain siswa cenderung mengalami kesulitan dalam hal pemahaman materi nilai hasil belajar yang diperoleh siswa selama ini masih rendah dan selama proses kegiatan pembelajaran guru tidak dapat menarik minat siswa terhadap pelajaran tersebut sehingga berdampak pada aktifitas siswa selama proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran yang inovatif dan juga sesuai sangat diperlukan dalam proses pembelajaran karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Model pembelajaran Think Pair Share dan Mind Mapping dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan Lokal. Pada model pembelajaran Think Pair Share siswa diarahkan agar dapat mencari jawaban secara individu dan bekerjasama dengan kelompok untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan pada model pembelajaran Mind Mapping siswa diarahkan untuk dapat mengidentifikasi suatu permsalahan yang merangsang cara berpikir siswa serta meningkatkan keaktifan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X Multimedia di SMK N 2 Singosari pada mata pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan Lokal yang diberi perlakuan dengan model Think Pair Share sebagai kelas kontrol dan model Mind Mapping sebagai kelas eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan penelitian semu (Quasi Experiment). Penelitian ini menggunakan 2 kelompok kelas yaitu kelas kontrol (Think Pair Share) dan kelas eksperimen (Mind Mapping). Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan terikat variabel bebas yaitu model pembelajaran sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eskperimen dan kelas kontrol dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen sebesar 84 44 dan rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol sebesar 81 90. Hasil dari uji hipotesis hasil belajar diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0 039 yang lebih kecil dari nilai signifikansi 0 05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji hipotesis yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara model pembelajaran Mind Mapping yang digunkan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Think Pair Share yang digunakan pada kelas kontrol siswa kelas X Multimedia di SMKN 2 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46006

Actions (login required)

View Item View Item