Penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui kegiatan lesson study untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Arinta Hardianti Fatimah Yasa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui kegiatan lesson study untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Arinta Hardianti Fatimah Yasa

Yasa, Arinta Hardianti Fatimah (2015) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui kegiatan lesson study untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Arinta Hardianti Fatimah Yasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yasa Arinta Hardianti Fatimah.Penerapan Model PembelajaranBerbasisMasalah Melalui KegiatanLesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ di SMK N 11 Malang 2014. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom. (II)Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata kunci Pembelajaran Berbasis Masalah PBL Lesson Study Keaktifan HasilBelajar TKJ SMK Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belajar siswa pada matapelajaran Sistem Operasi di SMKN 11 Malang yaitu tidak aktifnya siswa saat mengikuti pelajaran dikelas dan rendahnya jumlah siswa yang tuntas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswadengan menerapkan model pembelajaranberbasismasalahatau yang biasadisebutProblem Based Learning (PBL) melaluikegiatanlesson study. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas merujukdariArikunto (2009). Penelitian ini terselesaikan dengan dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan tiap siklusnya pada pertemuan pertama dilaksanakandengankegiatan lesson study dengan memberi siswa soal pemasalahan pertemuan kedua praktik dengan menganalisis kegiatan dalam menyelesaikan permasalah dan pertemuan ketiga adalah siswa melaporkan hasil analisis permasalahan kemudian didiskusikan bersama setelah itu melakukan kegiatan evaluasi dengan memberikan siswa soal ulangan harian. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data berupa dokumen hasil ulangan harian siswa untuk mengukur hasil belajar pada ranah kogitif daftar skor dari lembar observasi untuk mengukur keaktifan dan hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBLmelaluikegiatanlesson study keaktifan dan hasil belajar siswa pada matapelajaran SistemOperasiterjadi peningkatan yang signifikan dari belum tindakan setelah siklus I dan siklus II pada aspek keaktifan dan hasil belajar ranah kognitif serta dari siklus I ke siklus II pada hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik. Presentase presentase rata-rata kelas keaktifan siswa sebelum tindakan sebesar 48% setelah tindakan siklus I menjadi 83 21% dan setelah tindakan siklus II menjadi 98 97%. Untuk presentase rata-rata kelas hasil belajar ranah kognitif sebelum tindakan sebesar 23.08% setelah tindakan siklus I menjadi 71 79% dan setelah tindakan siklus II menjadi 94 74%. Pada ranah afektif dengan presentase rata-rata kelas siklus I 87% menjadi 96 15% pada siklus II dan pada ranah psikomotorik siklus I sebesar 77.78% menjadi 93.33%. Berdasarkan hasil tersebut penelitian tindakankelasini berhasil sebabtelahmencapai target yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46000

Actions (login required)

View Item View Item