Novitasari, Selly Cahyaningthias (2014) Pengembangan modul pembelajaran tematik untuk siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang / Selly Cahyaningthias Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Novitasari Selly Cahyaningthias. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas IV SDN Bareng 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.H.Punaji Setyosari M.Ed (II) Eka Pramono Adi SIP M.Si Kata Kunci pengembangan modul pembelajaran tematik Pembaharuan kurikulum senantiasa dilakukan pemerintah guna meningkatkan mutu pendidikan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seperti perubahan kurikulum baru-baru ini dari KTSP menjadi kurikulum 2013 yang pada sistem pembelajarannya lebih mengusung sistem pembelajaran tematik. Adanya perubahan pada sistem pembelajaran ini tentu akan memberi pengaruh pada media pembelajaran terutama pada buku ajar yang digunakan sebagai pedoman pembelajaran. Namun pada kenyataannya buku ajar yang ada masih sangat terbatas dari pemerintah saja. Adapun buku dari penerbit tetapi isi buku tersebut jika dibandingkan dengan buku dari pemerintah isinya sangat berbeda. Untuk itu agar sesuai dengan kurikulum yang berlaku sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 dalam sistem pembelajarannya hanya menggunakan buku dari pemerintah saja. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Bareng 3 Malang menunjukan terbatasnya bahan ajar sebagai alat bantu guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik membuat pelaksanaan pembelajaran tematik ini terkendala. Buku ajar yang diperoleh pemerintah juga mengharuskan pembelajaran dilakukan dengan didampingi oleh guru sehingga tidak bisa digunakan untuk belajar secara mandiri. Dari hasil observasi tersebut maka dapat dirumuskan permasalahannya yaitu Dibutuhkan modul pembelajaran yang valid dan dapat digunakan untuk belajar mandiri siswa serta sesuai dengan konsep pembelajaran tematik di kurikulum 2013 . Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan modul yang meliputi langkah-langkah (1)rasional (2) tujuan (3) tes masukan (4) kegiatan belajar (5) tes diri sendiri dan (6) tes akhir. Sedangkan prosedur pengembangan yang dilakukan menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Adapun prosedur pengembangan yang dilakukan meliputi (1) analisis kebutuhan (2)pengembangan produk awal (3) validasi ahli dan revisi (4) uji coba perorangan dan (5) uji lapangan. Instrumen pengumpulan data berupa angket sehingga diperoleh data kuantitatif dimana nilai presentase rata-rata skor item pada setiap jawaban dan data kualitatif yang diperoleh melalui komentar dan saran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan presentase. Hasil analisis data yang diperoleh validasi oleh ahli media memperoleh hasil 88 75% ahli materi memperoleh hasil 94 16% validasi perorangan memperoleh hasil 85 71% validasi lapangan memperoleh hasil 85 04% dan hasil uji lapangan menunjukan kenaikan hasil belajar yang mengalami peningkatan 24 48%. Hal ini menunjukan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan valid dan dapat digunakan pada pembelajaran serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diberikan (1) bagi guru hendaknya modul pembelajaran digunakan sebagai media pembelajaran dan tidak digunakan sebagai pengganti guru di kelas (2) bagi sekolah modul pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu pedoman pelaksanaan pembelajaran tematik sesuai dengan kurikulum 2013 (3) bagi pengembang dan pemerhati pendidikan hendaknya dapat mengembangkan modul dengan tema yanng lainnya agar pembelajaran tematik dapat terlaksana sesuai dengan kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/460 |
Actions (login required)
View Item |