Pengembangan e-module guided interaktif mata kuliah praktikum multimedia pada program studi S1 pendidikan teknik informatika / Muhammad Sonhaji Akbar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module guided interaktif mata kuliah praktikum multimedia pada program studi S1 pendidikan teknik informatika / Muhammad Sonhaji Akbar

Akbar, Muhammad Sonhaji (2015) Pengembangan e-module guided interaktif mata kuliah praktikum multimedia pada program studi S1 pendidikan teknik informatika / Muhammad Sonhaji Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Akbar Muhammad Sonhaji. 2014. Pengembangan E-Module Guided Interaktif Mata Kuliah Praktikum Multimedia pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Made Wirawan S.T. S.ST. M.T. Pembimbing (II) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom. Kata Kunci Pengembangan E-Module Guided media Praktikum Multimedia Kegiatan belajar mengajar Praktikum Multimedia di Prodi Pendidikan Teknik Informatika (PTI) Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang berlangsung menjenuhkan bagi mahasiswa. Kejenuhan mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran disebabkan karena modul praktikum yang digunakan terlalu statis dan kurang interaktif sehingga mahasiswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran dan kurang bereksplorasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuannya. Modul yang tidak dapat berdiri sendiri karena asistensi juga kurang maksimal mengakibatkan mahasiswa membutuhkan media penjelas. Beberapa alasan telah diperoleh dari sampel total 12 mahasiswa PTI angkatan 2011 yang menyatakan bahwa Modul Praktikum Multimedia 2013 membutuhkan media tambahan dan terdapat 7 mahasiswa dan sisanya menganggap Modul Praktikum Multimedia 2013 sudah cukup. Dosen pengampu mata kuliah praktikum multimedia juga mengatakan bahwa modul yang digunakan sebelumnya masih belum bisa mendemonstrasikan secara detail proses atau langkah-langkah kegiatan dalam praktikum multimedia perlu diperjelas dengan adanya video pembantu untuk mendampingi mahasiswa dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka pengembangan E-Module Guided sebagai media pembantu mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran Praktikum Multimedia. Model pengembangan untuk mengembangkan E-Modul Guided sebagai media pembelajaran menggunakan model pengembangan Sadiman. Tahap-tahap dari model pengembangan Sadiman antara lain (1) Identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan (3) Perumusan butir-butir materi (4) Perumusan alat pengukur keberhasilan (5) Penulisan naskah media (6) Tes/uji coba (7) Naskah siap diproduksi. Subjek uji coba dalam pengembangan yaitu ahli media ahli materi dan mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner rating scale dan dihitung menggunakan rumus dari Arikunto. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka didapatkan presentase validitas 91 5% dari ahli media dan 82 9% dari ahli materi presentase kelayakan 82 5% dari uji coba kelompok kecil dan 85 4% dari uji coba kelompok besar. Didapatkan hasil rata-rata sebesar 85 6% yang berarti layak dari batas minimal presentase kelayakan sebesar 76%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa E-Module Guided Praktikum Multimedia valid dan layak digunakan sebagai media bantu dalam pembelajaran di kelas maupun digunakan secara individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45993

Actions (login required)

View Item View Item