Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5e pada mata pelajaran simulasi digital kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 6 Malang / Kun Hery Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5e pada mata pelajaran simulasi digital kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 6 Malang / Kun Hery Susanto

Susanto, Kun Hery (2015) Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5e pada mata pelajaran simulasi digital kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 6 Malang / Kun Hery Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanto Kun Hery.2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Learning Cycle 5E Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan di SMKN 6 Malang. Skripsi.Jurusan Teknik Elektro.Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suwasono M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci bahan ajar simulasi digital learning cycle 5E Tersedianya bahan ajar yang tepat sangat berpengaruh dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Namun tidak semua mata pelajaran di SMKN 6 Malang mempunyai sarana dan prasarana bahan ajar yang memadai untuk belajar mandiri baik disekolah maupun dirumah salah satunya adalah mata pelajaran simulasi digital. Sesuai kondisi permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran mata pelajaran simulasi digital yaitu siswa kelas X TKJ SMKN 6 Malang yang hanya mengandalkan catatan dan file presentasi sebagai bahan belajar dirumah banyak siswa yang harus diulang materi pertemuan sebelumnya karena tidak hadir dan perilaku siswa yang selalu mengandalkan instruksi dari guru dalam hal ini bahan ajar yang cocok untuk membelajarkan materi secara mandiri adalah modul. Modul adalah seperangkat pengalaman belajar terencana dan didesain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik. Tujuan dari pengembangan modul ini adalah tersedianya bahan ajar untuk belajar mandiri dirumah maupun disekolah pada mata pelajaran simulasi digital. Perancangan modul ini dengan mengintegrasikan tahap-tahap pembelajaran learning cycle 5E ke dalam setiap kegiatan belajar yang akan dilakukan oleh siswa sehingga siswa tidak selalu menggantungkan keberadaan pembelajaran dari instruksi dari guru. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari model Sugiyono. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Modul (5) Revisi Modul (6) Uji Coba Kelompok Kecil (7) Revisi Modul (8) Ujicoba Lapangan (9) Revisi Modul (10) Produksi Massal. Modul pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba modul dilakukan oleh siswa XI SMK Negeri 6 Malang. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah modul simulasi digital pada semester 2 untuk kelas X TKJ di SMKN 6 Malang dan terdiri dari 2 bagian yaitu (1) modul pegangan guru dan (2) modul pegangan siswa. Hasil validasi dari modul pegangan guru dan siswa dari ahli media sebesar 94 76% ahli materi sebesar 94 69% dan ahli materi II sebesar 96 96%. Sedangkan hasil uji coba lapangan sebesar 81 96%. Berdasarkan validitas dari ahli materi dan ahli media bahwa modul secara keseluruhan dinyatakan valid dan memenuhi kriteria layak untuk diujicobakan. Sedangkan hasil uji coba menunjukkan bahwa modul ini layak digunakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45992

Actions (login required)

View Item View Item