Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif basis data pokok bahasan normalisasi data pada siswa kelas XI RPL di SMK 5 Malang / Yopy Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif basis data pokok bahasan normalisasi data pada siswa kelas XI RPL di SMK 5 Malang / Yopy Prasetya

Prasetya, Yopy (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif basis data pokok bahasan normalisasi data pada siswa kelas XI RPL di SMK 5 Malang / Yopy Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasetya Yopy. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Basis Data Pokok Bahasan Normalisasi Data pada Siswa Kelas XI RPL di SMKN 5 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Muhammad Jauharul Fuady S.T. M.T. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran multimedia pembelajaran basis data normalisasi data 12288 12288 12288 12288 Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan besar pada dunia pendidikan. Materi pembelajaran yang disampaikan menggunakan berbagai media yang berupa teks gambar animasi audio dan video disebut dengan multimedia. Teknologi multimedia menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seseorang belajar cara memperoleh informasi dan cara beradaptasi dengan informasi. Kompetensi dasar menerapkan normalisasi data merupakan kompetensi yang memerlukan pemahaman yang baik. Penggunaan media dalam proses pembelajaran menerapkan normalisasi data di SMK Negeri 5 Malang belum maksimal. Guru masih menggunakan metode konvensional dengan bahan ajar yang dibuat tanpa adanya perancangan khusus mengakibatkan siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran di kelas sehingga berdampak pada pencapaian hasil belajar siswa. Pengembangan multimedia pembelajaran ini diharapkan dapat menciptakan pembelajaran konkrit sehingga tujuan-tujuan yang telah dirumuskan dapat tercapai. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk dan mendeskripsikan hasil uji validasi multimedia pembelajaran kompetensi basis data pokok bahasan normalisasi data. 12288 12288 12288 12288 Metode pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg Gall Tahap pengembangan yaitu (1) Analisis kebutuhan (2) Perencanaan media (3) Pengembangan produk (4) Uji coba perseorangan (5) Uji coba kelompok kecil (6) Uji coba lapangan (7) Revisi (8) Penyebaran. 12288 12288 12288 12288 Berikut adalah hasil validasi multimedia pembelajaran interaktif pada masing-masing tahapan uji coba adalah sebagai berikut (1) Hasil validasi ahli materi sebelum pengembangan media menunjukkan validitas sebesar 82 25% (2) Hasil validasi ahli media menyatakan bahwa media telah valid dengan persentase tingkat validitas sebesar 77 63% (3) Hasil validasi ahli materi setelah pengembangan media pembelajaran dengan tingkat validitas sebesar 88 23% (4) Hasil validasi pada uji coba kelompok kecil menyatakan validitas sebesar 80 29% dan (5) Hasil validasi pada uji coba kelompok besar menyatakan validitas sebesar 87 53%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45986

Actions (login required)

View Item View Item