Pengembangan modul mata pelajaran merakit Personal Computer (PC) berbasis karakter untuk kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam I Blitar / Achmad Fuad Zaki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul mata pelajaran merakit Personal Computer (PC) berbasis karakter untuk kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam I Blitar / Achmad Fuad Zaki

Zaki, Achmad Fuad (2014) Pengembangan modul mata pelajaran merakit Personal Computer (PC) berbasis karakter untuk kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam I Blitar / Achmad Fuad Zaki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zaki Achmad Fuad. 2014. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Merakit Personal Computer (PC) Berbasis Karakter untuk Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam I Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Puger Honggowiyono M.T (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci modul merakit personal computer (pc) teknik komputer dan jaringan 12288 12288 12288 12288 Salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting di kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) adalah Merakit Personal Computer (PC). Berdasarkan observasi pembelajaran Merakit Personal Computer (PC) pada kelas X TKJ di SMK Islam I Blitar terdapat masalah berupa keterbatasan media pembelajaran. Elis Supriherti selaku Kepala Program Keahlian TKJ SMK Islam I Bitar menyatakan bahwa media pembelajaran hanya berupa slide presentasi. Hal ini menyebabkan rendahnya tingkat rasa ingin tahu siswa dalam belajar di kelas. Masalah lain yang ditemukan adalah rendahnya kedisiplinan siswa-siswi kelas X TKJ terhadap peraturan sekolah. Untuk itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran cetak berupa modul Merakit Personal Computer (PC) untuk Kelas X TKJ yang dapat membantu siswa dalam mencapai ketuntasan belajar dan meningkatkan nilai sikap jujur disiplin mandiri dan rasa ingin tahu. 12288 12288 12288 Alur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah (1) potensi dan masalah dan (2) pengumpulan data (3) pengembangan bagian produk (4) validasi inkremen (5) revisi inkremen (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) cek kelengkapan produk dan (11) integrasi produk. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan meliputi angket (numerical rating scale) lembar penilaian sikap dan rekap hasil belajar. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kelayakan modul sangat tinggi dengan persentase rata-rata 85 495%. Persentase angket ahli media 94 999% menunjukkan tingkat kelayakan media sangat tinggi. Persentase angket ahli materi 89 333% menunjukkan tingkat kelayakan materi sangat tinggi. Persentase angket uji coba produk 81 7% menunjukkan tingkat kelayakan tinggi. Persentase angket uji coba pemakaian 75 807% menunjukkan tingkat kelayakan tinggi. 100% kegiatan belajar memenuhi KKM kelompok dan terjadi peningkatan yang signifikan terhadap nilai hasil belajar siswa dari rata-rata 78 menjadi 84 45. Dengan demikian Modul Merakit Personal Computer (PC) kelas X semester I yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45985

Actions (login required)

View Item View Item